PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN ANAK USIA DINI BERBASIS HANDS ON LEARNING SEBAGAI AKTUALISASI PENDIDIKAN KELUARGA QUR’ANI - Repositori Universitas Negeri Malang

PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN ANAK USIA DINI BERBASIS HANDS ON LEARNING SEBAGAI AKTUALISASI PENDIDIKAN KELUARGA QUR’ANI

Rista, Ahmada May Enggar (2022) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN ANAK USIA DINI BERBASIS HANDS ON LEARNING SEBAGAI AKTUALISASI PENDIDIKAN KELUARGA QUR’ANI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci yang menjadi pedoman serta tuntunan hidup bagi seluruh umat manusia. Namun semakin berkembangnya zaman pada era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity), literasi, kemampuan, dan pemahaman terhadap Al-Qur’an semakin menurun. Menurut data dari PTIQ (Perguruan Tinggi Ilmu Qur’an) Jakarta, Indonesia dengan jumlah umat muslim terbesar di dunia mengalami buta aksara Al-Qur’an sebesar 65% pada tahun 2017. Peristiwa ini dialami oleh berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak, remaja maupun dewasa. Salah satu sebab turunnya literasi dan kemampuan membaca Al-Qur’an ialah kurangnya penanaman kecintaan terhadapnya pada hati manusia. Hal ini tidak terlepas dari peran keluarga khususnya orang tua dalam mengajari anaknya untuk membaca dan memahami Al-Qur’an. Keluarga merupakan madrasah utama bagi anak dalam mendapatkan pendidikan, sehingga peran orang tua sangat vital dalam proses tumbuh kembang anak. Ilmu Agama harus ditanamkan oleh orang tua pada anak untuk mencetak generasi Qur’ani mulai dari usia dini, dengan memberikan pesona atau imaji positif terhadap Allah, Rasulullah, dan kecintaan akan Al-Qur’an. Karena itu diperlukan upaya untuk memberikan wawasan serta kemampuan pada orang tua agar dapat membimbing anak untuk mencintai Al-Qur’an sesuai dengan syariat islam dan fitrah yang telah diberikan Allah kepada Manusia. Penelitian ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kemampuan orang tua, memperkaya metode mengajar, serta memberikan langkah praktis yang dapat diikuti Orang tua dalam mendidik anaknya agar mencintai Al-Qur’an melalui pembelajaran parenting sesuai syariat islam berbasis Hands On Learning. Model Pengembangan pada penelitian ini ialah R&D (Research and Development) 4D yakni meliputi tahap define, design, development dan disseminate. Hasil penelitian dan pengembangan Produk menunjukkan tingkat kelayakan ahli materi Pendidikan keluarga sebesar 89,1%, ahli Pendidikan anak usia dini sebesar 94,1% ahli desain sebesar 94%, dan uji keterbacaan oleh Orang tua sebesar 96,25%. Sehingga didapatkan bahwa Produk sesuai dengan kebutuhan orang tua dalam mengajarkan Al-Qur’an pada anaknya serta kesesuaiannya dengan karakteristik anak usia dini untuk mencintai proses belajarnya dan menanamkan kecintaannya pada Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ERA VUCA. HANDS ON LEARNING. PEMBELAJARAN QUR'AN.
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:27
Last Modified: 03 Apr 2023 01:27
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2690

Actions (login required)

View Item View Item