Baskoro, Tonang (2012) Pengembangan media pembelajaran CD interaktif pelajaran bahasa inggris di kelas V semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 di SDLB Pertiwi Ponorogo / Tonang Baskoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengembangan Media CD interaktif Bahasa Inggris Media pembelajaran sebagai salah satu komponen sumber belajar merupakan bagian integral dari keseluruhan komponen pembelajaran dan pelatihan menempati posisi yang penting dan akan turut menentukan keberhasilan penyelenggaraan pembelajaran. Dari hasil observasi yang dilakukan di SDLB Pertiwi Ponorogo pembelajaran yang di gunakan selama ini terbilang konservatif yaitu masih dengan tatap muka dan penggunaan media papan dengan metode SIBI. Dengan media pembelajaran maka pembelajaran dan pelatihan akan berjalan lebih efektif dan efisien. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris guru mengalami kesulitan untuk menyampaikan materi tentang mendengarkan. Selama ini siswa hanya diminta untuk membaca sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan belum tercapai dengan baik dan pembelajaran menjadi menjenuhkan bagi siswa. Untuk itu pengembang membuat alternatif pemecahan masalah melalui upaya merancang dan membuat produk sajian dalam bentuk CD interaktif pembelajaran sedangkan materi yang tertuang dalam CD interaktif pembelajaran yang dikembangkan ini adalah materi tentang pelajaran Bahasa Inggris pada SDLB kelas V. Pengembangan dilaksanakan di SDLB Pertiwi Ponorogo. Pengambilan data yang digunakan meliputi instrumen angket untuk ahli media ahli materi audiens serta uji hasil belajar untuk subyek penelitian. Metode pengembangan yang digunakan adalah Model Sadiman dengan prosedur pengembangan terdapat langkah-langkah yang akan dilalui guna mencapai hasil yang diharapkan. Adapun tahap-tahap tersebut adalah sebagai berikut (1) identifikasi kebutuhan (2) analisis yang tujuan (3) pengembangan materi (4) mengembangkan alat evaluasi (5) produksi (6) menyusun petunjuk pemanfaatan (7) validasi (8) revisi. Berdasarkan hasil pengembangan media pembelajaran CD Interaktif pelajaran Bahasa Inggris diuji cobakan kepada ahli media ahli materi dan siswa. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh hasil sebesar 93 75% ahli materi diperoleh hasil sebesar 95% siswa dalam uji coba perseorangan diperoleh hasil sebesar 94% hasil uji coba lapangan dengan nilai rata-rata 80 8 sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran CD Interaktif yang dikembangkan efektif dan termasuk dalam kriteria valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang diajukan hendaknya produk CD interaktif yang dihasilkan ini dapat ditindak lanjuti dalam kegiatan pasca pengembangan baik sebagai media alternatif kebutuhan sumber belajar bagi SDLB Pertiwi Ponorogo. Dapat dijadikan media pembelajaran individu bagi siswa ataupun sebagai media presentasi bagi guru pengajar dalam proses pembelajaran di ruang kelas. Bagi pengembang berikutnya diharapkan dapat terus mengupdate materi yang ada dalam CD interaktif pembelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/269 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |