Analisis berbagai kendala dalam kegiatan pembelajaran pada Jurusan Teknik Mesin di SMKN 1 Kertosono Kabupaten Nganjuk selama pandemi covid-19 / Fajar Putra Prastya - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis berbagai kendala dalam kegiatan pembelajaran pada Jurusan Teknik Mesin di SMKN 1 Kertosono Kabupaten Nganjuk selama pandemi covid-19 / Fajar Putra Prastya

Prastya, Fajar Putra (2022) Analisis berbagai kendala dalam kegiatan pembelajaran pada Jurusan Teknik Mesin di SMKN 1 Kertosono Kabupaten Nganjuk selama pandemi covid-19 / Fajar Putra Prastya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Prastya F.P. 2022. Analisis Berbagai Kendala Dalam Kegiatan Pembelajaran pada Jurusan Teknik Mesin di SMKN 1 Kertosono Kabupaten Nganjuk Selama Pandemi Covid-19. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tuwoso M.P. (II) Drs. Basuki M.Pd. Kata Kunci Kendala Pembelajaran Pembelajaran selama masa pandemi covid 19 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai kendala yang dialami oleh guru dan siswa jurusan Teknik Mesin di SMKN 1 Kertosono Kabupaten Nganjuk dalam kegiatan pembelajaran selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran adaptif normatif dan produktif. Penelitian yang berjenis deskriptif kuantitatif ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen dan melibatkan 12 guru serta 140 siswa dari jurusan Teknik Mesin di SMKN 1 Kertosono Kabupaten Nganjuk sebagai responden. Kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Kendala pembelajaran yang dialami oleh guru diakibatkan oleh adanya pengaruh pandemi covid-19 dengan persentase 78 1% kendala monitoring dan motivasi siswa kendala pembelajaran daring serta kendala dalam pemberian tugas untuk siswa selama masa pandemi covid-19 memiliki persentase sama yaitu 66 7% atau kategori tinggi. Untuk kendala persiapan pembelajaran daring dan kendala sarana dan fasilitas dalam setiap mata pelajaran memiliki persentase 62 5% dan 45 8% atau kategori cukup. Sementara itu kendala pembelajaran yang dialami oleh siswa antara lain adanya pengaruh pandemi covid-19 dan kendala pembelajaran daring dengan persentase 63 8% dan 63 3% sebagai kendala dengan kategori tinggi. Faktor minat belajar siswa kendala siswa dalam mengerjakan tugas memiliki nilai persentase masing-masing 46 4% dan 56 3% atau kategori cukup. Kendala persiapan pembelajaran daring dan kendala pemahaman sarana dan fasilitas dalam setiap mata pelajaran masing-masing memiliki nilai persentase sebesar 60 7% 56 8% atau termasuk kategori cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268998

Actions (login required)

View Item View Item