Ahmadi, Arsy Fitra (2022) Pengaruh pelaksanaan teaching factory pada pembelajaran produktif terhadap kesiapan memasuki dunia kerja 4.0 siswa SMK se-Kabupaten Sidoarjo / Arsy Fitra Ahmadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sebanyak sepertiga pekerjaan manual diprediksi akan dieliminasi dan digantikan dengan kecerdasan buatan pada tahun 2025 dan sebanyak 20.000 pekerjaan memiliki resiko potensial akan hilang pada 20 tahun mendatang. Menyiapkan hal ini manusia harus meningkatkan kualitas dan kompetensi diri salah satu usahanya adalah melalui SMK dengan menghadirkan peran dunia industri/dunia kerja yang sesungguhnya dalam lingkungan sekolah yaitu dengan model pembelajaran teaching factory. Pelaksanaan program teaching factory adalah dengan menerapkan sistem standar kerja dan kompetensi yang berlaku di industri sehingga dapat melakukan proses produksi barang atau jasa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan fenomena yang didapat. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan angket kepada responden yaitu siswa yang sedang menjalankan program teaching factory. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Terdapat tiga variabel bebas yang digunakan pada penelitian ini untuk menggambarkan pengaruh pelaksanaan teaching factory yaitu kualitas pengetahuan siswa (X1) kualitas keterampilan siswa (X2) dan kualitas sikap siswa (X3). Serta variabel terikat yaitu kesiapan memasuki dunia kerja 4.0 (Y).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 31 May 2022 04:29 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 03:24 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/268959 |
Actions (login required)
View Item |