Pengembangan multimedia interaktif berbasis android pada mata pelajaran gambar teknik kelas x SMKN 3 Boyolangu / Revaldo Cahyono Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif berbasis android pada mata pelajaran gambar teknik kelas x SMKN 3 Boyolangu / Revaldo Cahyono Putra

Putra, Revaldo Cahyono (2022) Pengembangan multimedia interaktif berbasis android pada mata pelajaran gambar teknik kelas x SMKN 3 Boyolangu / Revaldo Cahyono Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putra Revaldo Cahyono. 2022. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik SMKN 3 Boyolangu. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tuwoso M.P. (II) Drs. Basuki M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif Gambar Teknik Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mempengaruhi dunia pendidikan. Maka dari itu dalam dunia pendidikan harus dapat memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar. Namun kenyataannya banyak guru yang masih menggunakan media pembelajaran yang konvensional dengan metode ceramah dan media papan tulis sehingga suasana belajar kurang menarik yang dapat mempengaruhi potensi belajar siswa. Diperlukan pengembangan lebih lanjut mengenai media pembelajaran yang sesuai dengan karakter peserta didik saat ini yaitu multimedia pembelajaran interaktif berbasis Android. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk (1) Mengembangkan multimedia interaktif berbasis Android pada mata pelajaran Gambar Teknik (2) Mengetahui kelayakan produk multimedia interaktif berbasis Android pada mata pelajaran Gambar Teknik. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan penelitian Research and Development (R amp D) yang dikembangkan dengan model Sadiman. Model Penelitian ini dimodifikasi untuk disesuaikan dengan keadaan lapangan serta keterbatasan waktu penelitian tenaga dan biaya. Penelitian dan pengembangan ini terdiri dari 9 langkah yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) merumuskan tujuan pembelajaran (3) merumuskan butir-butir materi (4) menyusun naskah media (5) produksi media pembelajaran (6) validasi media pembelajaran (7) uji coba produk (8) revisi produk (9) hasil produk. Hasil dari penelitian dan pengembangan berupa multimedia pembelajaran interaktif bernama ldquo Gamtek Edu rdquo dengan menu KI amp KD Pendahuluan Materi Video Evaluasi Buku Referensi Petunjuk dan Biodata. Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan smartphone secara offline maupun online yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Hasil validasi ahli media dan materi dinyatakan ldquo sangat layak rdquo dengan persentase 94 04% dan 94 44%. Uji coba guru kepada 2 guru jurusan Teknik Pemesinan mendapat persentase 95 56% dengan kriteria ldquo sangat layak rdquo . Uji coba kelompok kecil kepada 10 peserta didik dan uji coba kelompok besar dengan 40 peserta didik menunjukkan kriteria ldquo sangat layak rdquo juga dengan persentase 94 62% dan 94 21% menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran menarik dan layak untuk digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran. Saran yang diberikan untuk pemanfaatan multimedia pembelajaran ini adalah mengembangkan kompetensi dasar lainnya dalam multimedia pembelajaran agar dapat digunakan selama kegiatan pembelajaran. Untuk selanjutnya tahapan pengembang bisa mencapai uji efektivitas penggunaan. Serta perlu mengembangkan kreativitas agar tampilan multimedia lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268886

Actions (login required)

View Item View Item