Karakterisasi, identifikasi, dan observasi histologik letak fungi endofit yang diisolasi dari tanaman Cordyline fruticosa (L.) A. Chev. / Putri Kartika Mukti

Mukti, Putri Kartika (2018) Karakterisasi, identifikasi, dan observasi histologik letak fungi endofit yang diisolasi dari tanaman Cordyline fruticosa (L.) A. Chev. / Putri Kartika Mukti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Mukti Putri Kartika. 2018. Karakterisasi Identifikasi Dan Observasi Histologik Letak Fungi Endofit Yang Diisolasi Dari Tanaman Cordyline fruticosa (L.) A. Chev. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Dra. Utami Sri Hastuti M.Pd (II) Drs. Sulisetijono M. Si. Kata Kunci fungi endofit daun hanjuang merah kulit batang hanjuang merah Cordyline fructicosa (L.) A. Chev. (hanjuang merah) merupakan tanaman berkhasiat obat. Tanaman tersebut mengandung beberapa senyawa metabolit sekunder dan bersifat antimikroba diantaranya adalah saponin tanin alkaloid steroid dan flavonoid. Fungi endofit yang diisolasi dan dikultur dalam medium cair dapat menjadi alternatif lain dari penghasil senyawa antimikroba di samping menggunakan bagian-bagian tanaman obat. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi spesies fungi endofit yang terdapat dalam daun dan kulit batang tanaman hanjuang merah [Cordyline fructicosa (L.) A. Chev.] 2) Mengobservasi letak fungi endofit dalam jaringan daun dan kulit batang tanaman hanjuang merah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif yang dilakukan pada Desember 2017-April 2018 di Sub Laboratorium Mikrobiologi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Obyek dalam penelitian ini adalah fungi endofit yang hidup bersimbiosis di dalam daun dan kulit batang tanaman hanjuang merah. Isolasi dilakukan dengan cara menginokulasikan secara aseptik potongan daun dan kulit batang hanjuang merah pada medium Potato Dextrose Agar (PDA) kemudian diinkubasi pada suhu 25-27oC selama 7x24 jam selanjutnya diidentifikasi melalui pengamatan morfologi koloni dan mikroskopis fungi endofit. Hasil dari pengamatan tersebut kemudian dirujukkan pada buku kunci identifikasi fungi untuk menentukan nama-nama spesies fungi endofit yang diperoleh. Observasi histologik letak fungi endofit dilakukan dengan pembuatan preparat daun dan kulit batang hanjuang merah kemudian diamati letak hifa fungi endofit diamati dengan menggunakan mikroskop cahaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat 8 spesies fungi endofit yang berhasil diisolasi dan ternyata berasal dari satu genus yang sama yaitu Colletotrichum. Spesies fungi endofit yang berhasil diisolasi dari daun hanjuang merah meliputi Colletotrichum coccodes C. aotearoa C. kahawae C. fruticola C. ti C.cordylinicola C. theobromicola. Spesies fungi endofit yang berhasil diisolasi dari kulit batang hanjuang merah adalah Colletotrichum queenslandicum 2) hifa fungi endofit hanjuang merah terletak dinding sel jaringan epidermis baik epidermis atas maupun epidermis bawah dan terletak di dinding sel sklerenkim pada batang hanjuang merah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26888

Actions (login required)

View Item View Item