Pengaruh kemandirian belajar, kecerdasan emosional, serta pemanfaatan media belajar e-learning terhadap hasil belajar ekonomi Kelas XI IPS semester genap tahun 2020/2021 / Iviana Uma Izah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemandirian belajar, kecerdasan emosional, serta pemanfaatan media belajar e-learning terhadap hasil belajar ekonomi Kelas XI IPS semester genap tahun 2020/2021 / Iviana Uma Izah

Izah, Isvina Uma (2022) Pengaruh kemandirian belajar, kecerdasan emosional, serta pemanfaatan media belajar e-learning terhadap hasil belajar ekonomi Kelas XI IPS semester genap tahun 2020/2021 / Iviana Uma Izah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Izah Isvina Uma. 2021. Pengaruh Kemandirian Belajar Kecerdasan Emosional dan Pemanfaatan Media Belajar E-learning terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 2 Malang Semester Genap Tahun 2020/2021. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Prof. Dr. Umi Mintarti Widjaja S.E. M.P. Ak. Kata Kunci kemandirian belajar kecerdasan emosional dan pemanfaatan media belajar. Dalam masa pandemi saat ini pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan secara daring dan belajar secara mandiri. Selama kegiatan belajar peserta didik dituntut aktif dalam proses pembelajaran sehingga mereka harus memiliki sifat kemandirian belajar dan kecerdasan emosional yang baik. Pemanfaatan media belajar e-learning digunakan saat pandemi untuk memudahkan dalam proses pembelajaran daring. SMAN 2 Malang sebagai salah satu lembaga pendidikan yang melaksanakan pembelajaran secara daring. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan secara simultan kemandirian belajar kecerdasan emosional dan pemanfaatan media belajar e-learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan bantuan SPSS Sttistics 26 for windows. Responden penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Malang yang diambil sampel berjumlah 90 siswa dari populasi 116 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berupa google form dan dokumen hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dari uji analisa statistik Regresi Linier Berganda. Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa (1) Kemandirian belajar terhadap hasil belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 2 19% (2) Kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 2 22 % (3) pemanfaatan media belaja e-learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa secara positif dan signifikan sebesar 2 59 % (4) secara simultan kemandirian belajar kecerdasan emosional dan pemanfaatan media belajar e-learning berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 47 3%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 04:29
Last Modified: 12 Jan 2023 01:28
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268866

Actions (login required)

View Item View Item