Analisis perilaku konsumsi driver gojek Kota Malang dalam perspektif pendidikan ekonomi / Ahmad Firdaus Lazuardi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perilaku konsumsi driver gojek Kota Malang dalam perspektif pendidikan ekonomi / Ahmad Firdaus Lazuardi

Lazuardi, Ahmad Firdaus (2022) Analisis perilaku konsumsi driver gojek Kota Malang dalam perspektif pendidikan ekonomi / Ahmad Firdaus Lazuardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu aktifitas ekonomi yang tidak lepas dari setiap individu adalah berkonsumsi barang ataupun jasa. Dalam memenuhi kebutuhan hidup pola konsumsi yang baik dan benar sangat di butuhkan karena tidak semua orang melakukan polakonsumsi yang sama hal tersebut tergantung dari beberapa factor salah satunya adalah pendapatan. Semakin banyak pendapatan seorang individu maka pola konsumsi individu akan cenderung naik. Dalam mengatur perilaku konsumsi seorang individu pendidikan ekonomi dirasa merupakan sebuah ilmu yang penting untuk dipelajari untuk seluruh masyarakat dari berbagai pendapatan. Namun dalam kaitanya dengan hal tersebut untuk masyarakat dengan pendapatan yang tidak tentu masih di butuhkan analisis mendalam mengenai pola konsumsi yang di lakukan khususnya untuk kota besar seperti Malang salah satunya adalah driver gojek. Berdasarkan latar belakang tersebut maka di perlukan sebuah penelitian yang berfokus pada kegiatan menganalis perilaku konnsumsi driver gojek kota Malang dalam perspekti fpendidikan ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Proses pencarian data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang merupakan sumber data berasal langsung dari informan penelitian. Pemilihan subjek penelitian menggunakan metode purposive sampling yaitu sampel dipilih dengan cermat sehingga relevan dengan penelitian. Posedur pengumpulan data yang di lakukan menggunakan tehnik observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian dari penelitian yang telah di lakukan menunjukkan bahwa pengguna Gojek di Kota Malang sangat bervariatif mulai dari mahasiswa pengusaha pensiunan. Salah satu kelebihan dari Gojek adalah fleksibilitas waktu yang dapat digunakan sebagai pekerjaan paruh waktu tetapi masih memungkinkan jika dijadikan pekerjaan penuh. Tingkat pendidikan driver gojek Kota Malang rata-rata adalah SMA. Pengelolaan pendapatan driver Gojek di Kota Malang bervariatif yang sudah berkeluarga mengalokasikan pendapatannya untuk kebutuhan keluarga dan yang mahasiswa untuk mencukupi kebutuhan konsumsi sebagai tambahan dari uang saku dari orangtua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268862

Actions (login required)

View Item View Item