Efektivitas penggunaan sipejar dalam menunjang pembelajaran daring masa pandemi covid-19 ditinjau dari motivasi belajar dan self-efficacy / Anif Ainun Husniya - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaan sipejar dalam menunjang pembelajaran daring masa pandemi covid-19 ditinjau dari motivasi belajar dan self-efficacy / Anif Ainun Husniya

Husniya, Anif Ainun (2021) Efektivitas penggunaan sipejar dalam menunjang pembelajaran daring masa pandemi covid-19 ditinjau dari motivasi belajar dan self-efficacy / Anif Ainun Husniya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan pada masa sekarang tidak harus dilakukan secara tatap muka melainkan dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan). Pembelajaran daring berbeda dengan pembelajaran secara tatap muka karena antara pendidik dan peserta didik membutuhkan perantara agar dapat terhubung perantara tersebut dinamakan jaringan internet. Di Universitas Negeri Malang mempunyai satu Learning Management System yaitu Sipejar untuk menunjang kegiatan pembelajaran secara daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengidentifikasi motivasi belajar mahasiswa setelah pada saat menggunakan Sipejar. Untuk menganalisis dan mengidentifikasi self-efficacy mahasiswa setelah pada saat menggunakan Sipejar. Untuk menganalisis dan mengidentifikasi efektivitas penggunaan Sipejar dalam menunjang pembelajaran daring. Rancangan penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif pendekatan deduktif dan jenisnya deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner (angket). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata (mean) dari kuesioner penelitian motivasi belajar mahasiswa meningkat setelah pada saat menggunakan Sipejar. Berdasarkan rata-rata (mean) dari kuesioner tentang self-efficacy mahasiswa setelah pada saat menggunakan Sipejar termasuk dalam kategori sangat meningkat. Untuk Efektifitas penggunaan Sipejar berdasarkan rata-rata (mean) dari kuesioner termasuk dalam kategori efektif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Sipejar meningkatkan motivasi belajar mahasiswa sangat meningkatkan self-efficacy mahasiswa dan efektif digunakan dalam menunjang pembelajaran daring.oleh karena itu pihak Universitas Negeri Malang diharapkan lebih memperbaharui fitur-fitur yang ada di Sipejar dan kepada dosen lebih mengoptimalkan penggunaan Sipejar sebagai penunjang pembelajaran daring masa pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268858

Actions (login required)

View Item View Item