Pengaruh pemanfaatan smartphone dan e-learning efront terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi XII IPS SMAN 9 Malang / Lailatul Mufida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan smartphone dan e-learning efront terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi XII IPS SMAN 9 Malang / Lailatul Mufida

Mufida, Lailatul (2022) Pengaruh pemanfaatan smartphone dan e-learning efront terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi XII IPS SMAN 9 Malang / Lailatul Mufida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemanfaatan smartphone dalam dunia pendidikan merupakan sebuah permasalahan yang perlu dikaji secara mendalam karena berkembangnya fitur yang dimiliki oleh smartphone akan bermanfaat bagi kalangan pelajar jika digunakan untuk kepentingan belajar. Penggunaan e-learning efront digunakan saat pandemi covid-19 yang telah mengubah proses belajar yang secara tatap muka menjadi full online. SMAN 9 Malang sebagai salah satu lembaga pendidikan mengambil keputusan untuk memanfaatkan aplikasi e-learning efront untuk mempermudah pembelajaran jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemanfaatan smartphone dan penggunaan e-learning efront terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bantuan SPSS 26.0 for window. Responden penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 9 Malang. sampel yang diambil sebanyak 85 siswa dari 109 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket berupa google form dan dokumentasi hasil belajar siswa. Data yang diperoleh diuji menggunakan analisa statistik Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) Pemanfaatan smartphone berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 3 78% (2) Penggunaan e-learning efront berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 6 64% (3) Secara simultan pemanfaatan smartphone dan penggunaan e-learning efront berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 75 27%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268850

Actions (login required)

View Item View Item