Pengaruh model pembelajaran project based learning, motivasi belajar, dan kondisi lingkungan Sekolah terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Malang / Rahmawati Eka Pitaloka - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran project based learning, motivasi belajar, dan kondisi lingkungan Sekolah terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Malang / Rahmawati Eka Pitaloka

Pitaloka, Rahmawati Eka (2022) Pengaruh model pembelajaran project based learning, motivasi belajar, dan kondisi lingkungan Sekolah terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Malang / Rahmawati Eka Pitaloka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mata pelajaran ekonomi khususnya kelas XII SMA merupakan materi ekonomi akuntansi yang didalamnya perlu tingkat pemahaman lebih ketelitian dan keuletan dalam mengerjakannya. Kebanyakan siswa masih mengalami kesulitan dalam mempelajari dan memahami materi ekonomi sehingga menyebabkan hasil belajarnya rendah. Pemilihan model pembelajaran yang digunakan menjadi hal penting guna pencapaian keberhasilan siswa. Selain itu adanya motivasi dan kondisi lingkungan sekolah menjadi hal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket observasi dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan yaitu aplikasi SPSS 25 dengan analisis regresi linier berganda. Lokasi penelitian ini berada di SMA Negeri 2 Malang dengan mengambil sampel sebanyak 92 siswa kelas XII IPS SMAN 2 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh positif dan signifikan secara simultan model pembelajaran project based learning motivasi belajar dan kondisi lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS SMA Negeri 2 Malang dilihat dari nilai R2 sebesar 62 7%. Berdasarkan simpulan penelitian ini terdapat saran yang ditujukan kepada beberapa pihak yaitu sekolah guru siswa dan peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268848

Actions (login required)

View Item View Item