Model tbl vs pbl manakah yang lebih efektif ? : pembelajaran ekonomi / Mella Artha Mevia Tuanani - Repositori Universitas Negeri Malang

Model tbl vs pbl manakah yang lebih efektif ? : pembelajaran ekonomi / Mella Artha Mevia Tuanani

Tuanani, Mella Artha Mevia (2022) Model tbl vs pbl manakah yang lebih efektif ? : pembelajaran ekonomi / Mella Artha Mevia Tuanani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi mata pelajaran ekonomi banyak membahas mengenai masalah ekonomi yang dekat dengan siswa keterampilan berpikir kritis perlu dimiliki agar siswa dapat mengkritisi permasalahan. Kemampuan siswa dalam berpikir kritis terutama pada mata pelajaran ekonomi masih dikategorikan rendah. Penerapan model pembelajaran berpengaruh terhadap perkembangan berpikir kritis siswa. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMA melalui keefektivan model TBL dan PBL yang diterapkan pada pembelajaran ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian yakni quasi experiment menggunakan dua kelas eksperimen yang diberi perlakukan berbeda. Data pre-test dan post-test yang diperoleh akan digunakan untuk menguji hipotesis penelitian melalui uji independent sampel t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas TBL dan PBL dengan taraf signifikansi 0 004 lt 0 05. Siswa pada kelas TBL mengalami peningkatan keterampilan berpikir kritis 10% lebih unggul dibanding siswa pada kelas PBL. Oleh karena itu TBL dapat menjadi alternatif bagi guru ekonomi atau mata pelajaran lain yang relevan untuk diterapkan dalam proses KBM dengan memperhatikan isi daripada materi yang akan disampaikan. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait model TBL dengan keterampilan 4Cs lainnya selain critical thinking.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268837

Actions (login required)

View Item View Item