Pengaruh minat belajar, perhatian orang tua, dan lingkungan Sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa Kelas X SMA Negeri 02 Batu / Fransiska Nurul Sofiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat belajar, perhatian orang tua, dan lingkungan Sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa Kelas X SMA Negeri 02 Batu / Fransiska Nurul Sofiana

Sofiana, Fransiska Nurul (2022) Pengaruh minat belajar, perhatian orang tua, dan lingkungan Sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa Kelas X SMA Negeri 02 Batu / Fransiska Nurul Sofiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sejak tahun 2020 dunia pendidikan mengalami perubahan. Hal ini dikarenakan pandemi COVID-19 yang merebak dimana-mana termasuk Indonesia. Dalam dunia pendidikan pandemi COVID-19 menyebabkan terjadinya krisis belajar sehingga berpengaruh pada keberhasilan belajar. Keberhasilan proses pembelajaran diperlukan tolak ukur yaitu hasil belajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 02 Batu (2) Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 02 Batu (3) Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 02 Batu (4) Pengaruh minat belajar perhatian orang tua dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 02 Batu. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 02 Batu Tahun Ajaran 2021/ 2022. Teknik penarikan sampel dilakukan secara simple random sampling. Besarnya sampel dihitung dengan menggunakan rumus slovin diperoleh sampel sebanyak 186 siswa yang tersebar di 10 kelas. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket. Metode analisis data dalam penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda dengan berbantuan program SPSS versi 24. for windows. Hasil analisis dalam penelitian menunjukkan bahwa (1) Minat belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi (2) Perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi (3) Lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi (4) Minat belajar perhatian orang tua dan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 02 Batu. Dari hasil penelitian ini terdapat saran yang ditujukan kepada sekolah siswa dan peneliti selanjutnya. Sekolah disarankan untuk memberikan sosialisasi kepada orang tua dan siswa terkait pembelajaran pada sekolah penggerak kurikulum merdeka dan guru disarankan untuk memadukan metode mengajar dan media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Siswa disarankan menanamkan diri bahwa belajar adalah hal yang menyenangkan dan bukan beban serta membiasakan diri untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Peneliti selanjutnya diharpkan melakukan penelitian dengan topik faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi hasil belajar ekonomi terutama dalam penerapan kurikulum merdeka dan melakukan penelitian dengan topik yang sama dengan memperluas jabaran indikator variabel penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268836

Actions (login required)

View Item View Item