Pengaruh penggunaan online student response system (socrative vs clickers) terhadap keterlibatan siswa pada pembelajaran ekonomi / Binti Lathifaturrohmah AJ - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan online student response system (socrative vs clickers) terhadap keterlibatan siswa pada pembelajaran ekonomi / Binti Lathifaturrohmah AJ

Aj, Binti Lathifaturrohmah (2022) Pengaruh penggunaan online student response system (socrative vs clickers) terhadap keterlibatan siswa pada pembelajaran ekonomi / Binti Lathifaturrohmah AJ. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterlibatan siswa yang rendah dapat terindikasi dari siswa yang pasif saat pembelajaran tidak tertarik dengan pembelajaran serta kurangnya focus pada pembelajaran. Hal tersebut dapat diatasi dengan penggunaan Online Student Response System (Socrative dan Clickers) untuk dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh serta perbedaan keterlibatan siswa antara kelas yang menggunakan Socrative dan kelas yang menggunakan Clickers. Rancangan ldquo Pretest-Posttest Nonequivalent Multiple Group Design rdquo digunakan dalam penelitian ini dengan pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan ganda dan kuesioner dan analisis data menggunakan uji ANCOVA. Hasil dari penelitian ini menginformasikan bahwa platform Socrative dan Clickers memiliki pengaruh positif terhadap keterlibatan siswa. Meskipun keterlibatan siswa antara kelas Socrative dan kelas Clickers tidak berbeda secara signifikan namun keterlibatan siswa di kelas Socrative sebesar 6 4% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas Clickers yang sebesar 6 1%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Socrative dan Clickers dapat mendorong interaksi dan partisipasi siswa yang mengarah pada peningkatan keterlibatan siswa serta memiliki potensi untuk meningkatkan penilaian pembelajaran siswa. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu dapat menggunakan sampel yang lebih besar dan waktu perlakuan yang lebih panjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:29
Last Modified: 03 Apr 2024 02:50
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268835

Actions (login required)

View Item View Item