Implikasi penilaian berbasis asesmen kompetensi minimum (akm) pada pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Singosari / Restu Agus Dwi Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Implikasi penilaian berbasis asesmen kompetensi minimum (akm) pada pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Singosari / Restu Agus Dwi Kurniawan

Kurniawan, Restu Agus Dwi (2022) Implikasi penilaian berbasis asesmen kompetensi minimum (akm) pada pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Singosari / Restu Agus Dwi Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kecakapan hidup abad 21 telah dirumuskan oleh berbagai institusi dan organisasi dunia. Salah satu prasyarat untuk mewujudkan kecakapan hidup abad 21 adalah kemampuan literasi peserta didik. Sehingga salah satu bentuk pengukuran literasi membaca dan literasi numerasi dilakukan dengan diimplementasikannya Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk melihat implikasi dari adanya implementasi penilaian berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Singosari. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui dan memahami secara mendalam fakta yang terjadi di lapangan sesuai dengan pengalaman informan. Dengan diterapkannya Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) SMA Negeri 1 Singosari memberikan respon berupa pemberlakuan kaidah penilaian dan pembelajaran yang sesuai dengan kaidah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada setiap mata pelajaran tidak terkecuali ekonomi. Pada mata pelajaran ekonomi implementasi penilaian berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) mengakibatkan adanya beberapa perubahan dalam kegiatan pembelajaran yaitu perencanaan pembelajaran proses pembelajaran serta evaluasi pembelajaran. Perubahan tersebut terjadi karena kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara sistematis dan saling berkaitan. Sehingga dengan adanya implementasi penilaian berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang termasuk dalam evaluasi pembelajaran mengakibatkan adanya perubahan dan penyesuaian pada kegiatan pembelajaran ekonomi. Dari segi perencanaan pembelajaran perubahan terjadi pada penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP penyusunan silabus serta pemilihan model pembelajaran. Kemudian perubahan yang terjadi pada proses pembelajaran ekonomi terlihat pada pelaksanaannya yang berupaya untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca dan literasi numerasi melalui berbagai akitivitas belajar peserta didik dengan berorientasi pada Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Sedangkan pada evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru ekonomi menerapkan soal yang penyusunannya disesuaikan dengan Desain Penyusunan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268832

Actions (login required)

View Item View Item