Efektivitas model pembelajaran open endeed learning dan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ekonomi / Melyndha Maharani Pramuditha - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas model pembelajaran open endeed learning dan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ekonomi / Melyndha Maharani Pramuditha

Pramuditha, Melyndha Maharani (2022) Efektivitas model pembelajaran open endeed learning dan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ekonomi / Melyndha Maharani Pramuditha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menerapkan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran terbuka yang berguna untuk mengembangkan pemikiran kritis pada murid adalah hal yang penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan metode pengajaran mana yang paling berhasil dalam menumbuhkan pemikiran kritis pada siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tumpang yang dipecah menjadi lima kelas. Sampel diambil secara random sampling dengan XI Sosial 1 sebagai kelompok kontrol dan XI Sosial 3 sebagai kelompok eksperimen yang setiap kelas ada 34 siswa. Keterampilan berpikir kritis siswa dinilai dengan pemberian soal essay sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Uji independent samplel t-test dan uji N-Gain digunakan untuk menganalisis data. Peneliti menemukan bahwa kemampuan berpikir secara kritis siswa bervariasi antara mereka yang mempergunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan mereka yang menggunakan Pembelajaran Terbuka. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat perbedaan hasil dari kelompok eksperimen dan kelompok Kontrol. Pada kelompok eksperimen memperoleh hasil perhitungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Sehingga dari kedua model pembelajaran berbasis masalah ini lebih efektif menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran Open Endeed Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268829

Actions (login required)

View Item View Item