Analisis metode pengelolaan keuangan keluarga petani padi di Kabupaten Ngawi / Erni Wahyu Puji Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis metode pengelolaan keuangan keluarga petani padi di Kabupaten Ngawi / Erni Wahyu Puji Lestari

Lestari, Erni Wahyu Puji (2022) Analisis metode pengelolaan keuangan keluarga petani padi di Kabupaten Ngawi / Erni Wahyu Puji Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penghasilan petani padi setiap panennya selalu tidak stabil dan tergolong rendah. Untuk itu setiap keluarga harus dapat mengatur dan mengelola keuangannya dengan baik agar dapat memenuhi kebutuhan keluarga dengan pendapatan yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh keluarga petani padi dalam hal perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah istri petani padi pemilik lahan sempit di Desa Mangunharjo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga petani padi sudah melakukan perencanaan dan pelaksanaan pengelolaan keuangan namun belum melakukan evaluasi. Mereka membuat rencana keuangan sesuai dengan prioritas masing-masing keluarga. Bentuk pengelolaan keuangan yang dilakukan adalah sistem amplop dengan menempatkan dana untuk setiap kebutuhan di wadah yang berbeda namun pelaksanaanya masih belum sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Selain itu evaluasi tidak pernah dilakukan karena mereka sudah cukup puas apabila dapat memenuhi kebutuhan keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268820

Actions (login required)

View Item View Item