Eksplorasi bakteri amilolitik potensial dari Ranu Pani, Ranu Regulo, Ranu Grati dan Telaga ngebel / Yanis Kurnia Basitoh

Basitoh, Yanis Kurnia (2018) Eksplorasi bakteri amilolitik potensial dari Ranu Pani, Ranu Regulo, Ranu Grati dan Telaga ngebel / Yanis Kurnia Basitoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Basitoh, Yanis Kurnia. 2018. Eksplorasi Bakteri Amilolitik Potensial dari Ranu Pani, Ranu Regulo, Ranu Grati dan Telaga Ngebel. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Endang Suarsini, M. Ked., (II) Sitoresmi Prabaningtyas, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Bakteri Amilolitik, Ranu Pani, Ranu Regulo, Ranu Grati, Telaga Ngebel. Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah perairan yang luas, baik laut maupun air tawar. Danau merupakan salah satu ekosistem perairan air tawar yang banyak ditemukan di Indonesia. Perairan danau mengandung bahan organik yang berasal dari proses alami maupun akvitas manusia. Salah satu bahan organik tersebut yaitu amilum. Bakteri amilolitik menghasilkan eksoenzim yang dapat mendegradasi amilum menjadi maltosa, glukosa dan dextrin sehingga penyerapan nutrisi menjadi optimal. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bakteri amilolitik yang terisolasi dari Ranu Pani, Ranu Regulo, Ranu Grati dan Telaga Ngebel, (2) mengukur kemampuan hidrolisis amilum berdasarkan indeks hidrolisis amilum oleh bakteri amilolitik, (3) menentukan spesies bakteri amilolitik yang mempunyai nilai indeks hidrolisis amilum terbesar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif. Penelitian dilakukan pada bulan April 2017 sampai Juni 2018 di Laboratorium Mikrobiologi, Jurusan Biologi, Fakultas Metematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, untuk mengisolasi bakteri dari sampel air danau, penentuan isolat bakteri amilolitik, dan pengujian kemampuan menghidrolisis amilum berdasarkan indeks hidrolisis amilum. Indeks hidrolisis amilum adalah nisbah antara diameter zona bening dan diameter koloni bakteri pada medium amilum agar setelah diinkubasi selama 2 x 24 jam pada suhu 37??C. Sampel air diambil berdasarkan empat variasi kedalaman yaitu permukaan, tengah, bawah, dan dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebanyak 53 isolat bakteri bersifat amilolitik dari 89 isolat bakteri yang berhasil diisolasi dari Ranu Pani, Ranu Regulo, Ranu Grati dan Telaga Ngebel, (2) masing-masing isolat bakteri memiliki indeks hidrolisis amilum yang berbeda yaitu berkisar antara 0,20 ÔÇô 5,89, (3) Bacillus subtilis memiliki nilai indeks hidrolisis tertinggi yaitu 5,89.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26882

Actions (login required)

View Item View Item