Pengaruh konformitas teman sebaya, selebgram endorsement dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi tahun 2019 / Nur Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh konformitas teman sebaya, selebgram endorsement dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi tahun 2019 / Nur Wahyuni

Wahyuni, Nur (2022) Pengaruh konformitas teman sebaya, selebgram endorsement dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi tahun 2019 / Nur Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era globalisasi ini adanya perubahan perkembangan dari teknologi informasi gaya hidup dan ekonomi mengakibatkan masyarakat berperilaku konsumtif. Fenomena yang terjadi saat ini terdapat mahasiswa yang membeli barang trendi karena ajakan teman maupun endorse dari selebgram. Sehingga mahasiswa harus bisa mengontrol dirinya agar tidak berlarut dalam berbelanja. Tujuan penelitian ini yakni 1) Untuk mengetahui pengaruh konformitas teman sebaya selebgram endorsement dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa secara parsial dan simultan. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini yakni 127 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang dimanfaatkan yakni proportional random sampling dengan jumlah sampel yang diperoleh yaitu 96 responden. Teknik analisis data yang dimanfaatkan yakni analisis regresi linear berganda uji hipotesis koefesien determinasi dengan bantuan software SPSS 25.0 For Window. Instrument penelitian yang dimanfaatkan yakni dokumentasi dan kuisioner. Hasil penelitian ini menerangkan jika 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara selebgram endorsement terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. 3) Terdapat pengaruh secara negatif antara kontrol diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. 4) Terdapat pengaruh antara konformitas teman sebaya selebgram endorsement dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Tahun 2019 Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268817

Actions (login required)

View Item View Item