Pengaruh Self-Regulated Learning dan Self Confidence Terhadap Academic Honesty Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang / Mayyuni Indah Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Self-Regulated Learning dan Self Confidence Terhadap Academic Honesty Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang / Mayyuni Indah Lestari

Lestari, Mayyuni Indah (2022) Pengaruh Self-Regulated Learning dan Self Confidence Terhadap Academic Honesty Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang / Mayyuni Indah Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perguruan tinggi menjunjung asas kejujuran sehingga penting bagi sivitas akademik dala meningkatkan kejujuran akademik. Tetapi menurunnya integritas akademik pada mahasiswa telah menyebabkan meningkatnya ketidakjujuran akademik di perguruan tinggi. Oleh karena itu kejujuran akademik penting diterapkan di Universitas Negeri Malang guna menjadikan mahasiswa sebagai sumber daya manusia yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindakan academic dishonesty yang dipengaruhi oleh self confidence dan self-regulated learning mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang. Ketidakjujuran akademik memberikan dampak negatif bagi pelakunya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif korelasional dengan hubungan kausal yang bersifat sebab akibat. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2018 yang berjumlah 130 mahasiswa. Metode pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling dengan dihitung menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh 98 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan uji asumsi klasik uji regresi linier berganda serta uji hipotesis menggunakan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) Self-regulated learning berpengaruh positif terhadap academic honesty dengan hasil t-hitung (2 504) gt t-tabel (1 985) dan signifikansi (0 014) lt (0 05) (2) Self Confidence berpengaruh positif terhadap academic honesty dengan hasil t-hitung (2 444) gt t-tabel (1 985) dan signifikansi (0 038) lt (0 05) (3) Self-regulated learning dan self confidence berpengaruh secara simultan terhadap academic honesty dengan hasil f-hitung (7 186) gt f-tabel (3 091) dan signifikansi (0 001) lt (0 05). Saran dalam penelitian ini diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan self-regulated learning dan self confidence sehingga dapat meningkatkan kejujuran akademik dalam diri mahasiswa. Seluruh sivitas akademik diharapkan dapat meningkatkan ntegritas akademik sehingga dapat menekan tingkat ketidakjujuran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268815

Actions (login required)

View Item View Item