Perbandingan hasil belajar siswa pada penerapan metode spontaneous group discussion (SGD) dan teams games tournament (TGT) di SMA Laboratorium UM / Karmila Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan hasil belajar siswa pada penerapan metode spontaneous group discussion (SGD) dan teams games tournament (TGT) di SMA Laboratorium UM / Karmila Sari

Sari, Karmila (2022) Perbandingan hasil belajar siswa pada penerapan metode spontaneous group discussion (SGD) dan teams games tournament (TGT) di SMA Laboratorium UM / Karmila Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas dan melihat pengaruh yang diberikan dari penerapan metode Spontaneous Group Discussion (SGD) and Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa di SMA Laboratorium UM. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Pengambilan data dilaksanakan di dua kelas berbeda kelas eksperimen 1 menerapkan metode Spontaneous Group Discussion dan kelas eksperimen 2 menerapkan metode Teams Games Tournament. Analisis data menggunakan statistik non-parametrik dikarenakan prasyarat uji normalitas tidak terpenuhi. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 20 untuk mengetahui keadaan awal (pretest) ditunjukkan oleh hasil uji Mann Whitney sebesar 0 057 gt 0 050. Untuk mengukur efektivitas menggunakan N-Gain Score Persen kelas eksperimen 1 sebesar 39% dan kelas eksperimen 2 sebesar 5.7% berdasarkan kategori N-Gain kedua metode tidak efektif. Kemudian untuk mengetahui perbedaan menggunakan uji Wilcoxon mendapatkan gt 0 050 maka terdapat perbedaan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan pada penggunaan metode diskusi Spontaneous Group Discussion dan Teams Games Tournament. Peningkatan hasil belajar dapat dibuktikan dari rata-rata hasil belajar siswa kelas X IPS 2 melalui pretest dan posttest mengalami peningkatan sebesar 27 6% dengan menerapkan Spontaneous Group Discussion (SGD) kemudian pada kelas X IPS 3 sebesar 17% dengan menerapkan Teams Games Tournament (TGT). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi Spontaneous Group Discussion (SGD) lebih berpengaruh untuk diterapkan pada materi manajemen di SMA Laboratorium UM. Sehingga dari hasil penelitian metode diskusi Spontaneous Group Discussion (SGD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi manajemen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268811

Actions (login required)

View Item View Item