Persepsi mahasiswa akuntansi tentang penggunaan edmodo dalam pembelajaran online berdasarkan teori technology acceptance model / Eviana Rosita Devi - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi mahasiswa akuntansi tentang penggunaan edmodo dalam pembelajaran online berdasarkan teori technology acceptance model / Eviana Rosita Devi

Devi, Eviana Rosita (2022) Persepsi mahasiswa akuntansi tentang penggunaan edmodo dalam pembelajaran online berdasarkan teori technology acceptance model / Eviana Rosita Devi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran online tidak terlepas dari penggunaan e-learning salah satunya Edmodo sebagai platform yang mudah digunakan dan membantu komunikasi antara mahasiswa dengan mahasiswa maupun antara mahasiswa dengan dosen. Akan tetapi tidak semua sepakat bahwa pemanfaatan Edmodo dapat memaksimalkan pembelajaran dengan kesiapan mahasiswa yang perlu diperhatikan dari segi persepsi kemudahan dan persepsi kegunaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara variabel TAM mengenai penggunaan Edmodo dalam pembelajaran online yang ditinjau dari persepsi mahasiswa terkait kemudahan dan kegunaan Edmodo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dianalisis menggunakan metode path analysis dengan bantuan SmartPLS. Mahasiswa Akuntansi empat angkatan dari empat Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang merupakan populasi dalam penelitian ini dan sebanyak 255 mahasiswa menjadi responden yang dipilih menggunakan teknik convinience sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket atau kuesioner yang disebarkan secara online melalui google form. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa persepsi kemudahan dan kegunaan mempunyai pengaruh positif signifikan sehingga ketika dihadapkan pada sikap penggunaan Edmodo juga memperoleh hasil yang sama. Selanjutnya persepsi kegunaan dan sikap juga ditemukan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat menggunakan Edmodo yang pada akhirnya mempengaruhi penggunaan Edmodo secara nyata ketika pembelajaran online. Dengan demikian dapat disimpulan bahwa penelitian ini berhasil mengonfirmasi teori TAM sebagai teori yang menjelaskan bahwa penggunaan aktual teknologi dipengaruhi oleh niat yang diikuti oleh sikap atas kegunaan dan kemudahan yang dirasakan dari Edmodo. Dari temuan penelitian ini peneliti selanjutnya disarankan untuk mengubah populasi penelitian dari mahasiswa menjadi pendidik (dosen guru) untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang penggunaan Edmodo yang sesungguhnya dengan merancang survei secara terbuka atau wawancara untuk memperoleh hasil yang lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268799

Actions (login required)

View Item View Item