Kemandirian belajar ditinjau dari gaya belajar dan academic self-concept mahasiswa / Fuji Ari Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemandirian belajar ditinjau dari gaya belajar dan academic self-concept mahasiswa / Fuji Ari Susanti

Susanti, Fuji Ari (2022) Kemandirian belajar ditinjau dari gaya belajar dan academic self-concept mahasiswa / Fuji Ari Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemandirian belajar penting untuk dimiliki mahasiswa terutama pada masa pandemi covid-19 yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara online. Pembelajaran jarak jauh ternyata membuat mahasiswa sering menunda-nunda tugas kurang bisa memanajemen waktu sehingga kurang memiliki kemandirian dalam belajar. Rendahnya kemandirian belajar pada akhirnya akan berdampak pada hasil belajar mahasiswa. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya kemandirian belajar yaitu gaya belajar dan academic self-concept. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan academic self-concept terhadap kemandirian belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa jurusan Akuntansi yang berjumlah 271 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala likert. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar dan academic self-concept berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar. Terdapat perbedaan tingkat kemandirian belajar berdasarkan jenis gaya belajar. Gaya belajar aural memiliki pengaruh lebih tinggi terhadap gaya belajar daripada gaya belajar read/write visual dan kinestetik. Oleh karena itu mahasiswa perlu konsisten menumbuhkan academic self-concept yang baik. Penerapan jenis gaya belajar terutama aural juga diperlukan agar memiliki kemandirian belajar yang tinggi untuk hasil belajar yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268796

Actions (login required)

View Item View Item