Pengaruh pembelajaran daring dan gaya belajar terhadap tingkat pemahaman mahasiswa akuntansi pada mata kuliah pengantar akuntansi / Vella Shania - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran daring dan gaya belajar terhadap tingkat pemahaman mahasiswa akuntansi pada mata kuliah pengantar akuntansi / Vella Shania

Shania, Vella Shania (2022) Pengaruh pembelajaran daring dan gaya belajar terhadap tingkat pemahaman mahasiswa akuntansi pada mata kuliah pengantar akuntansi / Vella Shania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara pembelajaran daring dan gaya belajar mahasiswa terhadap tingkat pemahaman pada mata kuliah pengantar akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Adapun populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu Mahasiswa Akuntansi angkatan 2020 Universitas Negeri Malang dan menggunakan teknik sampling dengan tipe proportional random sampling. Skala yang akan digunakan yaitu skala likert sebanyak lima (5) opsi jawaban. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner tertutup yang disebarkan melalui formulir online (google form). Sebelum instrumen penelitian disebarkan kepada calon responden terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas yang bertujuan untuk menguji kelayakan instrumen penelitian. Kemudian data dianalisis melalui SPSS menggunakan jenis metode regresi linier berganda dengan menambahkan hasil perhitungan dari variabel dummy. Sebelum penulis melakukan analisa regresi linier berganda terdapat tiga asumsi klasik yang akan digunakan yaitu uji normalitas data uji multikolinearitas data dan uji heteroskedastisitas data. Temuan penelitian menyatakan bahwa pembelajaran daring memiliki positif signifikan terhadap tingkat pemahaman. Berbeda halnya dengan gaya belajar yang ditemukan tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat pemahaman mahasiswa akuntansi dalam memahami materi Pengantar Akuntansi. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu hanya terdapat 2 gaya belajar yang diteliti sedangkan masih terdapat kemungkinan bahwa gaya belajar selain yang disebutkan dalam penelitian ini dapat mempengaruhi tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Akuntansi. Selain itu metode yang digunakan penulis untuk mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu metode survey dengan kuesioner sehingga satu-satunya hal yang dapat diandalkan atas validitas data yang telah dikumpulkan adalah objektivitas responden.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268789

Actions (login required)

View Item View Item