Pengaruh literasi digital terhadap keberhasilan belajar peserta didik yang dimoderasi self-efficacy / Hani Apriliantin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh literasi digital terhadap keberhasilan belajar peserta didik yang dimoderasi self-efficacy / Hani Apriliantin

Apriliantin, Hani (2022) Pengaruh literasi digital terhadap keberhasilan belajar peserta didik yang dimoderasi self-efficacy / Hani Apriliantin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan kurikulum dengan pemanfaatan teknologi mengharuskan sekolah beradaptasi dengan teknologi dalam pembelajaran secara konstan sebagai alat untuk berkembang. Perkembangan ini diharapkan meningkatkan keberhasilan belajar dengan memiliki target penciptaan SDM berkualitas melalui peningkatan literasi digital. Ditinjau dari indeks literasi digital 2021 sebesar 3 49 dalam kategori sedang diharapkan mampu meningkatkan keberhasilan belajar. Studi ini bertujuan untuk menjelaskan temuan mengenai hubungan literasi digital keberhasilan belajar dan self-efficacy dalam pembelajaran merdeka belajar. Subjek penelitian adalah peserta didik SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen kelas X AKL. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling saturated sample yakni anggota populasi dijadikan responden. Data penelitian dikumpulkan dengan membagikan kuesioner online kemudian dilakukan analisis Moderated Regression Analysis (MRA) yang sebelumnya telah melakukan pengujian validitas reliabilitas statistik deskriptif serta asumsi klasik (uji normalitas multikolinieritas dan heterokedastisitas). Hasil studi mengungkapkan literasi digital berpengaruh terhadap keberhasilan belajar dan self-efficacy memperlemah hubungan literasi digital terhadap keberhasilan belajar. Implikasi praktis studi ini dapat memotivasi peserta didik tenaga pendidik dan sekolah untuk meningkatkan literasi digital peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268783

Actions (login required)

View Item View Item