Thesis #268776 - Repositori Universitas Negeri Malang

Thesis #268776

Paramitha, Sheila Nathania (2022) UNSPECIFIED Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dunia pendidikan tengah menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi khususnya transformasi digital salah satunya pemanfaatan teknologi untuk ujian online. Walaupun ada banyak manfaat namun transformasi digital untuk ujian online memberikan peluang lebih besar kepada mahasiswa untuk melakukan kecurangan akademik. Menurut fraud hexagon theory ada banyak faktor yang menentukan academic cheating. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh stimulus capability collusion opportunity rationalization dan ego terhadap academic cheating pada saat online exams. Dengan menggunakan pendekatan survey data diperoleh melalui angket menggunakan google form terhadap 140 mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi di Universitas Negeri Malang. Hasil analisis data menggunakan regresi linier berganda diperoleh kesimpulan bahwa capability dan collusion berpengaruh positif signifikan terhadap academic cheating sedangkan stimulus opportunity rationalization dan ego tidak berpengaruh signifikan terhadap academic cheating. Hasil penelitian ini menyiratkan perlunya peraturan serta sanksi yang tegas bagi pelaku kecurangan akademik serta sistem pemberian tugas atau ujian yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268776

Actions (login required)

View Item View Item