Pengaruh pemanfaatan media sosial instagram sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa Kelas X akuntansi SMK Widya Dharma Turen / Febriana Nur Widyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan media sosial instagram sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa Kelas X akuntansi SMK Widya Dharma Turen / Febriana Nur Widyaningsih

Widyaningsih, Febriana Nur (2021) Pengaruh pemanfaatan media sosial instagram sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa Kelas X akuntansi SMK Widya Dharma Turen / Febriana Nur Widyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemanfaatan teknologi digital merupakan salah satu langkah pembaharuan yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan. Digitalisasi dalam dunia pendidikan diharapkan mampu menjadi aspek pendorong motivasi belajar siswa khususnya dalam bidang akuntansi. Berangkat dari gagasan tersebut peneliti melakukan peninjauan lapangan di SMK WIDYA DHARMA TUREN. Hasil peninjauan lapangan menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa masih belum optimal karena kegiatan belajar mengajar masih bersifat konvensional. Berdasarkan masalah tersebut peneliti berinisiatif untuk membawa pembaharuan dengan memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan motivasi belajar sehingga kemampuan berpikir kritis siswa juga meningkat. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan media sosial Instagram dalam pembelajaran akuntansi. Secara khusus penelitian ini mengkaji pengaruh positif media Instagram terhadap peningkatan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X Akuntansi di SMK WIDYA DHARMA TUREN. Penelitian yang diterapkan merupakan jenis eksperimen dengan model Pre-test-Posttes Control Group Design. Model ini mengklasifikasi siswa menjadi dua kelompok sebagai sampel penelitian yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen utama yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner dan tes. Data terkumpul dianalisis dengan algoritma uji-t berpasangan (paired sample t-test). Hasil yang diperoleh sesuai dengan harapan penelitian. Pembelajaran akuntansi dengan memanfaatkan Instagram menunjukkan grafik peningkatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media pembelajaran berpengaruh positif terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X Akuntansi di SMK WIDYA DHARMA TUREN.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268774

Actions (login required)

View Item View Item