Pengaruh gaya belajar dan kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa kelas xi jurusan perbankan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Asanitia Zulfa Karina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya belajar dan kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa kelas xi jurusan perbankan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Asanitia Zulfa Karina

Karina, Asanitia Zulfa (2022) Pengaruh gaya belajar dan kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa kelas xi jurusan perbankan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi / Asanitia Zulfa Karina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa merupakan komponen penting belajar yang diharuskan tekun belajar dalam meraih prestasi belajar yang telah menjadi tolak ukur keberhasilan belajar. Terdapat beberapa elemen yang memengaruhi prestasi belajar siswa seperti dari dalam serta luar diri siswa. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mendeteksi pengaruh gaya belajar serta kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa kelas XI jurusan Perbankan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi menjadi tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Untuk pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Subjek yang digunakan adalah murid kelas XI Jurusan Perbankan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Perangkat untuk mengumpulkan data mempergunakan kuesioner skala Guttman yang disebarluaskan dengan google form serta nilai dari penilaian tengah semester tahun ajaran 2019/2020. Analisis deskriptif pengujian prasyarat analisis serta regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar. Sebaliknya untuk kegiatan ekstrakurikuler tidak ditemukan memengaruhi prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan terdapat beberapa upaya yang perlu dilakukan oleh setiap elemen yang ada di sekolah. Untuk siswa perlu belajar menciptkan komunikasi yang baik terhadap guru maupun teman agar mengerti karakter satu sama lain. Bagi guru perlu upaya dalam menciptakan suasana belajar baru yang dapat meningkatkan semangat siswa dalam belajar. Dan bagi sekolah upaya yang dapat dilakukan adalah memberikan pelatihan atau studi banding untuk guru dan siswa agar menjadi pendukung dalam meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik sekolah. Keterbatasan penelitian yang dialami dalam proses penelitian ini adalah penyebaran angket sebagai data primer dan data sekunder dalam bentuk nilai ujian tengah semester tidak sesuai dengan waktu diharapkan. Selain itu pernyataan dalam angket gaya belajar dan kegiatan ekstrakurikuler belum dihubungkan secara langsung dengan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268770

Actions (login required)

View Item View Item