Implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis kelas pada jurusan akuntansi di SMKN 12 Malang / Ika Nur Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis kelas pada jurusan akuntansi di SMKN 12 Malang / Ika Nur Rahmawati

Rahmawati, Ika Nur (2022) Implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis kelas pada jurusan akuntansi di SMKN 12 Malang / Ika Nur Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Kurikulum 2013 Revisi ini dilaksanakan guna menguatkan kembali pendidikan karakter yang ada. Penguatan Pendidikan Karakter dilakukan dalam proses pembelajaran di kelas. SMK Negeri 12 Malang khususnya jurusan Akuntansi memiliki sistem yang berbeda yaitu sistem ability grouping. Sistem ini merupakan sistem yang mempermudah guru untuk memberikan stimulus pada peserta didik jurusan akuntansi pada proses belajar dengan harapan mampu mendapatkan respons yang baik dari peserta didik. Aktualisasi nilai karakter berbasis kelas ini antara lain yaitu religius nasionalis mandiri gotong royong dan integritas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pemahaman guru mengenai Penguatan Pendidikan Karakter (2) Perencanaan yang dibuat guru Akuntansi sudah memuat PPK (3) Implementasi PPK yang terjadi selama proses pembelajaran di dalam kelas dan (4) Penilaian pembelajaran memuat PPK atau nilai afektif di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Subjek informan dalam penelitian ini adalah guru Akuntansi SMKN 12 Malang berjumlah enam guru. Pemilihan informan didasarkan pada kriteria yang sesuai fokus penelitian (purposive). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengadopsi teknik analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru Akuntansi SMK Negeri 12 Malang memiliki pemahaman mengenai penguatan pendidikan karakter sebagai penguat kembali pendidikan karakter peserta didik dengan mempersiapkan peserta didik untuk memiliki nilai-nilai karakter yang dibutuhkan Dunia Usaha/Dunia Industri. (2) Perencanaan pembelajaran yang dibuat guru akuntansi SMKN 12 Malang sudah memuat Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan terdapat nilai PLH. (3) Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di jurusan Akuntansi SMK Negeri 12 Malang sudah terlihat dalam proses pembelajaran berlangsung. Beberapa nilai-nilai karakter yang dibentuk pada peserta didik yaitu nilai religius nasionalis mandiri gotong royong dan integritas. (4) Guru melakukan penilaian ranah afektif dalam proses pembelajaran guna untuk mengetahui perkembangan peserta didik. Penilaian ranah afektif yang dilakukan guru hanya sebagai formalitas dan penilaian sikap tersebut dilakukan secara merata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268768

Actions (login required)

View Item View Item