Persepsi mahasiswa terhadap perilaku kecurangan akademik berdasarkan konsep fraud triangle (studi pada mahasiswa akuntansi perguruan tinggi negeri di kota malang) / Ajeng Aina Nur Islam - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi mahasiswa terhadap perilaku kecurangan akademik berdasarkan konsep fraud triangle (studi pada mahasiswa akuntansi perguruan tinggi negeri di kota malang) / Ajeng Aina Nur Islam

Islam, Ajeng Aina Nur Islam (2021) Persepsi mahasiswa terhadap perilaku kecurangan akademik berdasarkan konsep fraud triangle (studi pada mahasiswa akuntansi perguruan tinggi negeri di kota malang) / Ajeng Aina Nur Islam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kecurangan akademik merupakan tindakan yang sengaja dilakukan oleh seseorang dalam rangka mendapatkan keuntungan pribadi. Tindakan tersebut terus meningkat seiring berjalannya waktu terutama di Indonesia. Mahasiswa seringkali melakukan kecurangan akademik karena kurangnya percaya diri tuntutan untuk mendapat nilai tinggi dan mendapat penghargaan dari lingkungan sekitar. Dalam penelitian ini membahas faktor penentu seseorang dalam melakukan perilaku kecurangan akademik didasarkan pada konsep Fraud Triangle. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh tekanan terhadap perilaku kecurangan akademik (2) pengaruh kesempatan terhadap perilaku kecurangan akademik (3) pengaruh rasionalisasi terhadap perilaku kecurangan akademik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif sedangkan jenis penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi. Dalam penelitian ini terdapat variabel independen yaitu tekanan kesempatan rasionalisasi dan variabel dependen yaitu kecurangan akademik. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi dari Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang angkatan 2016 dan 2017. Berdasarkan populasi tersebut ditemukan sampel sebanyak 279 mahasiswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang disebar secara online menggunakan google form. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah regresi berganda dengan menggunakan alat bantu berupa SPSS 22.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara tekanan terhadap perilaku kecurangan akademik tetapi terdapat pengaruh antara kesempatan dan rasionalisasi terhadap perilaku kecurangan akademik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disarankan (1) bagi pihak universitas untuk membuat kebijakan-kebijakan yang tegas mengenai perilaku kecurangan akademik (2) bagi mahasiswa perlu melakukan efikasi diri agar ketakutan akan kegagalan dalam perkuliahan dapat berkurang (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk dapat melakukan penelitian dengan ruang lingkup yang lebih luas dengan pengumpulan data dapat dilakukan melalui observasi dengan melakukan wawancara agar lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268762

Actions (login required)

View Item View Item