Pengaruh motivasi dan flow akademik terhadap prokrastinasi akademik berdasarkan perspektif self-determination theory / RISQI SETIANA - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi dan flow akademik terhadap prokrastinasi akademik berdasarkan perspektif self-determination theory / RISQI SETIANA

Setiana, Risqi Setiana (2022) Pengaruh motivasi dan flow akademik terhadap prokrastinasi akademik berdasarkan perspektif self-determination theory / RISQI SETIANA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu masalah akademik yang sering ditemui pada kalangan mahasiswa adalah prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik dalam penelitian ini ditinjau dari perspektif self-determination theory. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi (amotivasi motivasi ekstrinsik motivasi intrinsik) dan flow akademik terhadap prokrastinasi akademik. Peneliti mengajukan hipotesis bahwa amotivasi dan motivasi ekstrinsik mempunyai pengaruh positif terhadap prokrastinasi akademik sedangkan motivasi intrinsik dan flow akademik mempunyai pengaruh negatif terhadap prokrastinasi akademik. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif eksplanatif pada mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Negeri Malang angkatan 2019 dengan sampel sejumlah 168 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sedangkan pengukuran variabel dalam penelitian ini menggunakan Tuckman Procrastination Scale (TPS) yang disusun oleh Bruce W. Tuckman (1991) Academic Motivation Scale (AMS) yang disusun oleh Vallerand et al. (1992) WOLF-S untuk variabel flow akademik yang disusun oleh Bakker (2008). Uji regresi berganda yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa (1) terdapat pengaruh positif amotivasi terhadap prokrastinasi akademik (2) tidak terdapat pengaruh positif motivasi ekstrinsik terhadap prokrastinasi akademik (3) tidak terdapat pengaruh negatif motivasi intrinsik terhadap prokrastinasi akademik (4) terdapat pengaruh negatif flow akademik terhadap prorastinasi akademik. Hasil penelitian juga menunjukkan besarnya pengaruh variabel secara bersamaan sebesar 35 2% sedangkan 64 8% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268760

Actions (login required)

View Item View Item