Pengembangan aplikasi quipper sebagai media pembelajaran interaktif dalam mata pelajaran korespondensi (studi pada Kelas X Program Studi Administrasi Perkantoran di SMKM 5 kepanjen) / Yudhin Bella Almira - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi quipper sebagai media pembelajaran interaktif dalam mata pelajaran korespondensi (studi pada Kelas X Program Studi Administrasi Perkantoran di SMKM 5 kepanjen) / Yudhin Bella Almira

Almira, Yudhin Bella (2021) Pengembangan aplikasi quipper sebagai media pembelajaran interaktif dalam mata pelajaran korespondensi (studi pada Kelas X Program Studi Administrasi Perkantoran di SMKM 5 kepanjen) / Yudhin Bella Almira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Almira Yudhin Bella. 2021. Pengembangan Aplikasi Quipper Sebagai Media Pembelajaran Interaktif dalam Mata Pelajaran Korespondensi (Studi pada Kelas X Program Studi Administrasi Perkantoran di SMKM 5 Kepanjen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sopiah M.Pd M.M. Kata Kunci Materi Pembelajaran e-learning Quipper School Skripsi ini terkait pengembangan materi pembelajaran Korespondensi berbasis aplikasi quipper school pada SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen yang nantinya akan mengulas bagaiman keinovatifan guru dalam menggunakan media pembelajaran yang tepat agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Selain itu dalam PP nomor 19 tahun 2005 pasal 20 bahwa guru diharapkan mengembangkan materi pembelajaran sendiri. Dengan demikian seorang pendidik atau guru diharapkan mampu mengembangkan bahan pembelajaran sebagai salah satu sumber belajar. Bertujuan untuk mengetahui profil materi pembelajaran Korespondensi berbasis aplikasi quipper school yang telah dikembangkan menurut para ahli dan praktisi atau guru. Jenis penelitian ini termasuk penelitian Research dan Development dengan model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall dalam Sugiyono. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adlalah koesioner dan observasi. Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi pada langkah-langkah penelitian Borg and Gall. Model penelitian dan pengembangan ini terdiri dari 6 langkah meliputi (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Produk Masal. Validasi oleh ahli ditujukan untuk mengukur kelayakan quipper school. Data yang diperoleh terdiri atas data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil pengisian angket oleh ahli validator. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa produk materi pembelajaran yang telah divalidasi oleh ahli media ahli materi dan praktisi pembelajaran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Ahli materi memberikan penilaian skor 94% atau dikategorikan ldquo sangat valid rdquo ahli media memberikan penilaian 96% atau dikategorikan ldquo sangat valid rdquo dan penilaian praktisi pembelajaran memberikan 78% dengan kategori ldquo valid rdquo . Ssehingga materi pembelajaran Korespondensi menggunakan aplikasi quipper school yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268655

Actions (login required)

View Item View Item