Pengembangan e-modul interaktif berbasis flip pdf professional mampu meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik / Mellani Wuri Bungsu Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul interaktif berbasis flip pdf professional mampu meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik / Mellani Wuri Bungsu Putri

Putri, Mellani Wuri Bungsu (2022) Pengembangan e-modul interaktif berbasis flip pdf professional mampu meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik / Mellani Wuri Bungsu Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring kemajuan teknologi dan informasi yang begitu cepat pada era globalisasi sekarang ini dapat berpotensi besar untuk memajukan kualitas pembelajaran menjadi lebih berdaya guna terutama dalam mewujudkan bahan ajar yang inovatif. Sehingga maksud dilakukan penelitian ini ialah mengembangkan produk dengan mengetahui kelayakan produk apabila diterapkan dalam pembelajaran serta mengetahui kefektifan dari media belajar e-modul interaktif berbasis flip pdf professional dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana kelas XII di SMKN 1 Turen. Model research and development Borg and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti menjadi metode dalam penelitian ini dengan langkah-langkah sebagai (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk 1 (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk 2 (10) produk akhir. Hasil validasi yang diperoleh dari penelitian ini ahli materi menilai 97 27% ahli media 100% dan respon peserta didik 93 75% yang menunjukkan kategori sangat efektif. Nilai rata-rata kemandirian dan hasil belajar yang diperoleh kelas eksperimen dalam menggunakan modul elektronik mendapatkan 92 2% dan 94 11 sedangkan kelas kontrol yang tidak menggunakan e-modul sebesar 71% dan 78 85. Kesimpulan yang didapat melalui penelitian ini ialah dengan pengaplikasian modul elektronik interaktif ini memberikan dampak yang sangat layak dan efektif untuk diimplementasikan dalam pembelajaran sehingga dapat memajukan kemandirian siswa dalam belajar serta hasil belajar peserta didik yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 12 Jan 2023 03:50
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268643

Actions (login required)

View Item View Item