Pengembangan e-module korespondensi berbasis kvisoft flipbook maker untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas X otomatisasi dan tata kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar / Rosidatul Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module korespondensi berbasis kvisoft flipbook maker untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas X otomatisasi dan tata kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar / Rosidatul Rohmah

Rohmah, Rosidatul (2021) Pengembangan e-module korespondensi berbasis kvisoft flipbook maker untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas X otomatisasi dan tata kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar / Rosidatul Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rohmah Rosidatul. 2021. Pengembangan E-module Korespondensi Kvisoft Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Mohammad Arief M.Si. Kata Kunci E-Module Korespondensi Kvisoft Flipbook Maker Hasil Belajar. Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin cepat dan canggih menuntut seorang guru untuk mengubah kebiasaan mengajarnya. Dalam hal ini seorang guru sangat di tuntut untuk berinovasi serta kreatif dalam merancang dan menyusun bahan ajar agar selaras dengan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa peserta didik kelas X Otomasisasi dan Tatakelola Perkantoran di SMK N 2 Blitar sehingga dapat ditemukan permasalahan dalam pemberian materi bahan ajar kepada peserta didik. Menurut peserta didik disekolahnya hanya menyediakan beberapa buku untuk referensi pembelajarannya. Sehingga membuat pemahaman siswa menjadi kurang maksimal terhadap materi yang dipelajari dan akhirnya berpengaruh pada penurunan nilai atau peserta didik tidak bisa mencapai nilai maksimal pada mata pelajaran tersebut. Adanya media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti diharapkan peserta didik dapat belajar secara mandiri dan menambah referensi pembelajarannya. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan bertujuan untuk Menghasilkan E-module korespondensi berbasis aplikasi Kvisoft Flipbook Maker sebagai bahan ajar pada mata pelajaran Korespondensi Untuk mengetahui kelayakan E-module korespondensi berbasis aplikasi Kvisoft Flipbook Maker melalui validasi ahli materi dan ahli media Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang mengguakan E-module korespondensi berbasis aplikasi Kvisoft Flipbook Maker dengan peserta didik yang tidak menggunakan E-module korespondensi berbasis aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. Rancangan dalam penelitian dan pengembangan ini terdiri dari tujuh langkah yakni potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain perbaikan desain uji coba produk dan revisi produk dan produk akhir. Produk yang dihasilkan divalidasi oleh dua ahli yakni ahli materi dan ahli mediaSubjek dalam penelitian ini terdiri dari ahli media ahli materi 6 siswa sebagai uji coba kelompok kecil serta subjek uji coba kelompok besar yang terdiri dari 16 peserta didik kelas X OTKP 1 dan 16 peserta didik kelas X OTKP 2. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dari perhitungan skor pada angket validasi dan nilai hasil posttest. Selain itu terdapat data kualitatif dari wawancara kritik dan saran. Berdasarkan data yang telah diperoleh maka teknik analisa data yang digunakan adalah analisis persentase dan deskriptif kualitatif. Produk yang dikembangkan berupa E-module korespondensi berbasis aplikasi Kvisoft Flipbook Maker dengan nama Korespondensi Bisnis yang dilengkapi dengan buku panduan penggunaan aplikasi. Keunikan dari produk yang dihasilkan yakni sajian materi dilengkapi dengan gambar video audio dan soal dilengkapi dengan link google form sehingga lebih menarik dan interaktif. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan aplikasi telah sesuai dengan kebutuhannya tujuan pembelajaran kemudahan pengoperasian dan dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di SMK. Hal ini berdasarkan isian pada angket validasi ahli materi diperoleh nilai sebesar 83% kemudian angket validasi ahli media diperoleh nilai sebesar 95% sedangkan untuk uji coba kelompok kecil diperoleh nilai 89 1% sehingga e-module sangat layak untuk digunakan. Ditinjau dari perbedaan tingkat hasil belajar peserta didik rata-rata nilai kelas kontrol yaitu 78 7 sedangkan kelas eksperimen mencapai rata-rata sebesar 90 3. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan Hasil belajar yang signifikan antara kelas control dan kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268628

Actions (login required)

View Item View Item