Pengembangan e-modul interaktif berbasis android pada mata pelajaran teknologi perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas X OTKP SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang) / Alvina Kevin Rosalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul interaktif berbasis android pada mata pelajaran teknologi perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas X OTKP SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang) / Alvina Kevin Rosalia

Rosalia, Alvina Kevin (2022) Pengembangan e-modul interaktif berbasis android pada mata pelajaran teknologi perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas X OTKP SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang) / Alvina Kevin Rosalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rosalia A. K. 2021. Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Kelas X OTKP SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang). Skripsi Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang Pembimbing Yuli Agustina S.E M.M. Kata Kunci Penelitian dan Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Hasil Belajar Penelitian dan pengembangan E-Modul berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang di latarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar yang digunakan pada kegiatan pembelajaran daring maupun luring pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk (1) mengembangkan E-Modul interaktif berbasis android pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran untuk kelas X OTKP di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang (2) mengetahui kelayakan E-Modul interaktif berbasis android melalui validasi ahli materi dan ahli media (3) mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan E-Modul interaktif berbasis android pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran untuk kelas X OTKP di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R amp D) yang terdiri dari 9 langkah yaitu (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Uji Coba Produk (7) Uji Coba Pemakaian (8) Revisi Produk. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas X OTKP 1 dan kelas X OTKP 2 SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang yang sedang menempuh mata pelajaran Teknologi Perkantoran. Jenis penggunaan data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Teknis analisis data kuantitatif didapatkan dari hasil instrument validasi ahli materi validasi ahli media dan instrument penilaian peserta didik terhadap bahan ajar E-Modul berbasis android menggunakan bantuan Adobe tab In Design dengan menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Sedangkan teknik analisis kualitatif didapatkan dari kritik dan saran melalui wawancara dan kuisioner. Sedangkan data hasil belajar peserta didik ranah kognitif dan psikomotorik dianalisis menggunakan teknik uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah bahan ajar E-Modul berbasis android menggunakan bantuan Adobe tab In Design dan mengemas materi KD 3.1 Memahami teknologi perkantoran otomatisasi perkantoran dan virtual office hingga 3.5 Menerapkan pengoperasian aplikasi presentasi. Selain itu bahan ajar E-Modul berbasis android ini didesain secara menarik agar peserta didik tidak bosan ketika menggunakan bahan ajar tersebut. Hasi validasi ahli materi ahli media dan uji coba pengguna 6 peserta didik adalah lsquo Sangat Valid rsquo sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar E-Modul berbasis android menggunakan bantuan Adobe tab In Design layak digunakan dalam pembelajaran Teknologi Perkantoran kelas X OTKP. Hasil rata-rata posttest pada kelas X OTKP 2 setelah menggunakan bahan ajar tersebut menujukan hasil lebih besar dari pada sebelum menggunakan bahan ajar tersebut. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik ketika menggunakan bahan ajar E-Modul berbasis android daripada hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan bahan ajar E-Modul berbasis android tersebut. Berdasarkan hasil uji statistik Paired Sample T-Test pada ranah kognitif yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0 000 lt 0 05 sehinga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dan dari hasil uji statistik Paired Sample T-Test pada ranah psikomotorik yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0 000 lt 0 05 sehinga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Saran yang dapat diberikan kepada peniliti selanjutnya yaitu mengembangkan bahan ajar E-Modul berbasis android menggunakan bantuan Adobe tab In Design pada sistem operasi lainnya dan software lainnya serta menyajikan materi lebih banyak lagi dan memberikan tampilan yang lebih menarik dengan ukuran file yang tidak terlalu besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2022 04:29
Last Modified: 13 Jan 2023 01:01
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268626

Actions (login required)

View Item View Item