Peningkatan hasil belajar siswa SMK melalui pengembangan e-modul berbasis epub berbantuan kotobee / Erlista Maulidhea Vara - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar siswa SMK melalui pengembangan e-modul berbasis epub berbantuan kotobee / Erlista Maulidhea Vara

Vara, Erlista Maulidhea (2022) Peningkatan hasil belajar siswa SMK melalui pengembangan e-modul berbasis epub berbantuan kotobee / Erlista Maulidhea Vara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan sudah berkembang pesat dengan tersedianya bahan pendukung belajar yang mudah digunakan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul berbasis EPUB yang teruji layak dan efektif melalui uji validasi ahli materi dan ahli modul serta mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X OTKP SMKN Mojoagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R amp D atau Research and Development dengan menggunakan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini terdiri dari ahli materi ahli modul dan peserta didik kelas X OTKP SMKN Mojoagung. Terdapat dua jenis data dalam penelitian ini yakni data kuantitatif dan data kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara angket dan tes. Hasil belajar peserta didik dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji independent sample t-test. Penelitian ini menghasilkan E-Modul Korespondensi kelas X OTKP semester genap yang di dalamnya memuat konten-konten dan fitur yang interaktif agar dapat menarik minat belajar peserta didik. Pengembangan E-Modul ini dinyatakan sangat layak melalui uji validasi ahli materi ahli modul dan uji coba kelompok kecil. Selain itu E-Modul Korespondensi juga dinyatakan efektif dibuktikan dengan adanya perbedaan yang signifikan terhadap perolehan nilai hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan E-Modul dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan E-Modul. Pada aspek kognitif nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 86 72 lebih tinggi dari kelas kontrol dengan rata-rata sebesar 82 00. Sama halnya dengan nilai kognitif nilai psikomotorik kelas eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan penelitian yang dilakukan disarankan agar E-Modul Korespondensi dapat digunakan sebagai bahan belajar peserta didik. Selain itu disarankan untuk guru menggunakan E-Modul ini sebagai pendamping dalam mengajar karena E-Modul Korespondensi membantu minat peserta didik belajar secara mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:29
Last Modified: 21 Dec 2022 01:40
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268595

Actions (login required)

View Item View Item