Pengembangan e-modul menggunakan aplikasi Flip PDF professional untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan / Muhammad Rizky - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul menggunakan aplikasi Flip PDF professional untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan / Muhammad Rizky

Rizky, Muhammad (2022) Pengembangan e-modul menggunakan aplikasi Flip PDF professional untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan / Muhammad Rizky. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sistem pendidikan merupakan salah satu dari sekian banyak aspek kehidupan yang telah diubah oleh pesatnya perkembangan teknologi yang dibawa oleh globalisasi. Salah satu implikasi kemajuan teknologi adalah menghasilkan perubahan pada perangkat pendidikan yang digunakan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk menghasilkan e-modul berbasis flip PDF professional yang sudah divalidasi oleh ahli materi ahli e-modul dan sudah diuji coba produk serta mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik SMK. Jenis penelitian R amp D memakai model Borg and Gall dengan 7 tahapan yang disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi ahli e-modul serta peserta didik SMK dengan perhitungan sebelum dan sesudah menggunakan produk. Data yang dihasilkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik analisis data memakai uji normalitas dan uji independent sample t-Test . Hasil penelitian menunjukan produk e-modul berbasis flip PDF professional memiliki variasi teks dan gambar yang menarik dan telah terbukti layak digunakan untuk menunjang proses pembelajaran serta terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan yang meliputi memahami perjalanan dinas dan penyimpanan dokumen administrasi humas dan keprotokolan. Sehingga dapat dideterminasikan bahwa e-modul layak dan efektif karena memiliki kemudahan dalam mengakses materi pembelajaran dan kualitas gambar beserta evaluasi pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa Penelitian ini hanya terbatas pada satu mata pelajaran saja sehingga diharapkan penelitian selanjutnya bisa lebih interaktif dan memuat beberapa mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:29
Last Modified: 13 Jan 2023 01:06
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268584

Actions (login required)

View Item View Item