Pengembangan e-modul berbasis canva pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola kepegawaian untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik Kelas XII OTKP di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, kabupaten Malang) / Arvin Ishak Syafira - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis canva pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola kepegawaian untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik Kelas XII OTKP di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, kabupaten Malang) / Arvin Ishak Syafira

Syafira, Arvin Ishak (2022) Pengembangan e-modul berbasis canva pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola kepegawaian untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik Kelas XII OTKP di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, kabupaten Malang) / Arvin Ishak Syafira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Pengetahuan mengenai teknologi digital dan kreatif sangat penting bagi guru di era Revolusi Industri 4.0. Oleh karena itu kemampuan untuk memanfaatkan teknologi saat ini sangat penting di era digital ini. Salah satu bahan ajar elektronik yang dapat dibuat adalah E-Modul. Tujuan penelitian untuk menghasilkan produk E-Modul berbasis Canva yang sudah divalidasi oleh ahli materi dan ahli E-Modul serta meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis R amp D (Research amp Development) model ADDIE. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi ahli e-modul serta peserta didik kelas XII OTKP SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi yang terbagi dalam kelompok kecil dan kelompok besar. Data yang dihasilkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif digunakan untuk kemandirian belajar dengan cara menyebar angket yang didalamnya sudah ada aspek-aspek kemandirian belajar. Semenatra itu hasil belajar peserta didik dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji independent sample t-test untuk menunjukkan perbedaan hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata 88 28 yang mana lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 82 58. Hal yang sama juga terjadi pada nilai psikomotorik nilai kelas eksperimen memperoleh rata-rata 85 69 yang mana lebih tinggi dari kelas kontrol yang hanya memperoleh nilai rata-rata 81 61. E-Modul berbasis Canva ini merupakan modul elektronik yang bisa diakses secara online melauli link yang sudah dibagikan dan bisa digunakan menggunakan handphone atau komputer. E-modul ini dikatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran melalui validasi ahli E-modul ahli materi uji coba kelompok kecil serta uji coba kelompok besar. E-modul ini juga efektif untuk meningaktkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil pengembangan ini disarankan agar peserta didik menggunakan E-Modul ini sebagai pedoman belajar untuk proses mempelajari pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian. Begitupula guru juga dapat menggunakan bahan ajar E-Modul ini karena E-Modul hasil pengembangan ini menuntun peserta didik untuk menemukan sendiri konsep materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 02:16
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268580

Actions (login required)

View Item View Item