E-modul berbasis problem based learning dapat meningkatkan keterampilan praktikum siswa / Shofia Fitrotuz Zuhro - Repositori Universitas Negeri Malang

E-modul berbasis problem based learning dapat meningkatkan keterampilan praktikum siswa / Shofia Fitrotuz Zuhro

Zuhro, Shofia Fitrotuz (2022) E-modul berbasis problem based learning dapat meningkatkan keterampilan praktikum siswa / Shofia Fitrotuz Zuhro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul yang diukur dengan tes keterampilan praktikum pada kelas kontrol dan eksperimen. Penelitian berjenis Research and Development. Subyek penelitian meliputi ahli modul dan ahli materi subjek uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar validasi angket pengguna dan lembar tes keterampilan praktikum. Teknik analisis data menggunakan uji validitas uji data normalitas dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan (1) Produk yang dikembangkan adalah sebuah e-modul berbasis problem based learning berbantuan AnyFlip (2) hasil kelayakan produk adalah 92 15% menunjukkan bahwa produk e-modul layak untuk digunakan sebagai sumber belajar siswa dan (3) Hasil uji coba produk e-modul menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata keterampilan praktikum pada kelas eksperimen yaitu 16 79 gt dari 15 82 pada kelas kontrol dan terdapat perbedaan tingkat keterampilan praktikum secara signifikan yaitu nilai sig. (2-tailed) adalah 0.002.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 03:02
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268579

Actions (login required)

View Item View Item