Pengembangan e-modul pembelajaran otomatisasi dan tata kelola kearsipan siswa Kelas X OTKP SMK Negeri Yalimo Papua / Benny Wasahe - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul pembelajaran otomatisasi dan tata kelola kearsipan siswa Kelas X OTKP SMK Negeri Yalimo Papua / Benny Wasahe

Wasahe, Benny (2022) Pengembangan e-modul pembelajaran otomatisasi dan tata kelola kearsipan siswa Kelas X OTKP SMK Negeri Yalimo Papua / Benny Wasahe. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wasahe Beny 2022. Pengembangan E-Modul pembelajaran Otomatisasi dan Tata Kelola kearsipan di SMK Negeri Yalimo papua ). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Nyoman Saputra M.Si. Kata Kunci Penelitian Pengembangan E-Modul Tata Kelola Kearsipan Modul pembelajaran merupakan salah satu bahan ajar yang dapat membantu siswa untuk belajar secara mandiri. Penggunaan basis pembelajaran yang terdapat pada modul dapat membantu siswa untuk aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di SMK Negeri Yalimo papua kegiatan pembelajaran masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah dan tanya jawab dengan media Power Point Teks (PPT) sehinga seringkali siswa kurang bersemangat mengikuti pelajaran. Hasil observasi didapati bahwa 12 dari 31 siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada Kompetensi Dasar (KD) 3.4. Oleh sebab itu dengan adanya modul pembelajaran berbasis discovery learning ini diharapkan siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti pelajaran sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mengembangkan modul pembelajaran otomatisasi dan tata kelola kersipan berbasis discovery learning untuk siswa kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri Yalimo Papua (2) menguji kelayakan modul otomatisasi dan tata kelola kearsipan berbasis discovery learning untuk siswa kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri Yalimo Papua melalui validasi ahli modul dan ahli materi (3) mengetahui perbandingan hasil belajar mata pelajaran Administrasi Umum sebelum menggunakan modul berbasis discovery learning dengan sesudah menggunakan modul berbasis discovery learning pada siswa kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri Yalimo Papua Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg n Gall sebagai acuan dalam melakukan Research and Development (R amp D). Model penelitian dimodifikasi oleh peneliti sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan dan waktu. Penelitian ini terdiri dari delapan tahapan antara lain (1) penelitan dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) pengujian validasi ahli materi dan ahli modul (5) revisi produk utama (6) pengujian lapangan utama (7) revisi produk operasional (8) diseminasi dan implementasi. Validasi dilakukan guru tata kelola arsip. selaku guru mata pelajaran otomatisasi dan tata kelola kearsipan di SMK Negeri Yalimo papua sebagai ahli materi dan ahli modul . selaku dosen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran di Universitas Negeri Malang sebagai ahli modul. Uji coba produk dilakukan pada kelompok kecil sejumlah 6 siswa dan proses implementasi dilakukan pada siswa kelas X (OTKP) sejumlah 29 siswa di SMK Negeri Yalimo Papua . Produk yang dikembangkan berupa modul pelajaran otomatisasi amp tata kelola berbasis discovery learning yang terfokus pada KD 3.8 Memilih Peralatan Kantor dalam Kegiatan Administrasi. Hasil validasi menujukkan bahwa modul otomatisasi dan tata kelola kearsipan berbasis discovery learning sangat layak digunakan sebagai bahan ajar. Hal ini berdasarkan perolehan hasil angket validasi ahli materi dengan pedoman penilaian yang menunjukkan bahwa materi yang tersaji telah memenuhi aspek relevansi keakuratan kelengkapan sajian dan cara penyajian. Hasil validasi ahli modul dengan pedoman penilaian menunjukkan bahwa modul yang disajikan telah memenuhi aspek kelayakan isi kebahasaan sajian dan kegrafisan. Rata-rata validator baik ahli materi dan ahli modul mengisi dengan kriteria sangat layak sehingga modul ini efektif digunakan sebagai bahan ajar. Saran yang diberikan untuk pemanfaatan modul pembelajaran ini adalah bagi siswa sebelum menggunakan modul ini diharapkan untuk membaca petunjuk penggunaan modul dan mengikuti langkah-langkah yang tersaji pada modul serta aktif bertanya dan menanggapi materi. Bagi guru diharapkan lebih aktif sebagai fasilitator dalam membimbing siswa untuk mengikuti langkah-langkah yang tersaji dalam modul. Saran pemanfaatan bagi peneliti selanjutnya hendaknya selalu berkuonsultasi dengan pihak terkait khususnya guru mata pelajaran. Materi yang disajikan hendaknya disesuaikan dengan perkembangan tekologi. Pengembangan modul pembelajaran otomatisasi dan tata kelola kearsipan berbasis discovery learning ini dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar untuk itu modul ini dapat dipublikasikan melalui web resmi smkn yalimo papua agar dapat diakses dan dimiliki oleh siswa untuk belajar mandiri. Saran bagi pengembangan selanjutnya diharapkan menambahkan beberapa kompetensi dasar yang cocok menggunakan model discovery learning agar tersedia bahan ajar khusus berbasis discovery learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:29
Last Modified: 13 Jan 2023 07:13
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268567

Actions (login required)

View Item View Item