Pengembangan media pembelajaran berbasis autoplay media studio pada mata pelajaran hubungan masyarakat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik ( studi pada peserta didik Kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang) / Dandy Kaswanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis autoplay media studio pada mata pelajaran hubungan masyarakat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik ( studi pada peserta didik Kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang) / Dandy Kaswanda

Kaswanda, Dandy (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis autoplay media studio pada mata pelajaran hubungan masyarakat untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik ( studi pada peserta didik Kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang) / Dandy Kaswanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kaswanda Dandy. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Media Studio Pada Mata Pelajaran Hubungan Masyarakat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Peserta Didik Kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Agung Winarno M.M. Kata Kunci Media Pembelajaran Autoplay Media Studio Hubungan Masyarakat Hasil Belajar Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa Autoplay Media Studio. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Teknologi Perkantoran diperoleh informasi bahwa pembelajaran yang dilakukan masih terbilang monoton guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasaan dan peserta didik tidak memiliki sumber belajar untuk menunjang pembelajaran hanya mengakses dari internet tetapi tidak semua materi pembelajaran dapat ditemukan. Selain itu masih banyak nilai peserta didik yang tidak memnuhi syarat KKM ge 70. Dengan dilakukan penelitian ini diharapkan dapat (1) Menghasilkan produk media pembelajaran menggunakan Autoplay Media Studio (2) Mengetahui tingkat kelayakan produk media pembelajaran Autoplay Media Studio pada mata pelajaran Hubungan Masyarakat (3) Mengetahui efektivitas produk media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI OTKP SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang mata pelajaran Hubungan Masyarakat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R amp D). Rancangan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini dari model Borg amp Gall terdapat sepuluh langkah penelitian yaitu (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Uji Coba Produk (7) Revisi Produk (8) Uji Coba Pemakaian (9) Revisi Produk (10) Produksi Massal. Untuk mengetahui kelayakanan media pembelajaran Autoplay Media Studio yang dibuat sebelumnya peneliti telah melakukan validasi ahli media ahli materi. Setelah itu dilakukan uji coba produk pada kelompok kecil yang terdiri dari 6 peserta didik. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) produk berupa media pembelajaran berbasis Autoplay Media Studio mata pelajaran Teknologi Perkantoran (2) hasil validasi ahli media menunjukan hasil sebesar 97 64% ahli materi menunjukan hasil sebesar 96 36% dan uji kelompok kecil menunjukan hasil sebesar 88 69%. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Autoplay Media Studio yang dihasilkan dalam kategori sangat valid atau layak untuk digunakan sebagai sumber belajar (3) Rata-rata hasil belajar ranah kognitif kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran Autoplay Media Studio pada mata pelajaran Hubungan Masyarakat sangat efektif dan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI OTKP di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang. Saran pemanfaatan media pembelajaran Autoplay Media Studio bagi peserta didik yaitu (1) Peserta didik disarankan jika masih ada yang belum dipahami lebih baik menanyakan kepada guru mata pelajaran yang bersangkutan. Saran pemanfaatan media pembelajaran Autoplay Media Studio bagi guru yaitu (1) Guru disarankan agar mempelajari cara penggunaan media pembelajaran terlebih dahulu dengan menggunakan buku panduan. Saran pengembangan produk lebih lanjut pada penelitian dan pengembangan media pembelajaran Autoplay Media Studio adalah menambahkan contoh materi berupa video tutorial yang relevan dengan materi yang diajarkan dapat dijalankan pada perangkat selain komputer atau laptop tanpa ada kendala.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:29
Last Modified: 12 Jan 2023 01:31
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268566

Actions (login required)

View Item View Item