Pengaruh media sosial dan dukungan sosial terhadap motivasi belajar siswa jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK PGRI Turen Malang / Simon Sahat Martua Pardede - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media sosial dan dukungan sosial terhadap motivasi belajar siswa jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK PGRI Turen Malang / Simon Sahat Martua Pardede

Pardede, Simon Sahat Martua (2022) Pengaruh media sosial dan dukungan sosial terhadap motivasi belajar siswa jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK PGRI Turen Malang / Simon Sahat Martua Pardede. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi belajar yang tinggi menjadi lebih krusial dalam kondisi pandemi Covid-19 dengan pembelajaran yang jarang bahkan hampir tidak ada yang dilakukan secara langsung tatap muka melainkan dilakukan secara online. Dengan berbagai keterbatasan dalam sistem pembelajaran online dan pengawasan yang sangat sulit dilakukan tentunya motivasi siswa yang tinggi sangat diperlukan agar siswa tetap dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan sungguh-sungguh sehingga tujuan pembelajaran tetap dapat tercapai. Karena itu menarik untuk dicermati berbagai faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa tersebut di antaranya media sosial dan dukungan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi penggunaan media sosial dukungan sosial dan motivasi belajar siswa jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK PGRI Turen Malang. Selain itu juga untuk mengetahui pengaruh media sosial dan dukungan sosial terhadap motivasi belajar siswa jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK PGRI Turen Malang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK PGRI Turen Malang yang berjumlah sebanyak 45 orang. Dengan teknik sampling jenuh atau sensus maka seluruh anggota populasi yaitu sebanyak 45 orang dijadikan sampel penelitian ini namun karena tidak semua siswa masuk sekolah pada saat dilakukan penelitian diperoleh sampel akhir sebanyak 37 orang. Penelitian ini menggunakan menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan analisis data dilakukan dengan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan komputer program SPSS. Hasil penelitian menujukkan bahwa media sosial dukungan sosial dan motivasi belajar dalam kondisi yang baik namun masih dapat terus ditingkatkan. Dari hasil analisis statistik ditemukan bahwa media sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dibuktikan dengan tingkat signifikansi yang lebih besar dari 5% (0 764 gt 0 05). Adapun dukungan sosial berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2022 04:29
Last Modified: 13 Jan 2023 00:59
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268555

Actions (login required)

View Item View Item