Susiswo, Alvin Seftaviandri (2022) Media pembelajaran audio digital berbasis podcast spotify untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas x otkp smk cendika bangsa kepanjen / Alvin Seftaviandri Susiswo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Media pembelajaran dapat dikatakan penting dalam sebuah proses pembelajaran guna untuk merangsang atau menarik minat peserta didik. Ada 4 alasan bahwa media pembelajaran dapat meningkatkan proses belajar peserta didik yaitu (1) pembelajaran yang menarik peserta didik dapat menumbuhkan motifasi belajar (2) penyampaian makna dapat tersampaikan dengan jelas (3) metode mengajar yang bervariasi (4) dengan metode pendengaran materi dapat melatih konsentrasi dengan sangat baik. tujuan dari kegiatan penelitian ini yaitu 1) menghasilkan media pembelajaran audio digital berbasis podcast spotify pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X OTKP SMK Cendika Bangsa Kepanjen 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran audio digital berbasis podcast spotify pada mata pelajaran kearsipan melalui ahli materi dan ahli media 3) mengetahui perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan media pembelajaran audio digital podcast spotify dengan peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran audio digital podcast spotify pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model penelitian ini menggunakan metode Research and Development R amp D yang mana digunakan untuk menghasilkan sebuah produk dan menguji keefektifan produk mempergunakan tujuh tahapan yang sudah dimodifikasikan yaitu 1. analisis kebutuhan 2. Pembuatan Produk Awal 3. Evaluasi Ahli 4. Revisi Produk Awal 5. Uji Coba Kelompok Kecil 6. Revisi Produk Akhir 7. Uji Coba Kelompok Besar. Dalam penelitian dan pengembangan ini terdapat dua jenis data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian ini berupa produk media pembelajaran berbasis audio digital podcast spotify pada mata pelajaran kearsipan kelayakan media pembelajaran audio digital berbasis podcast spotify pada mata pelajaran kearsipan melalui validasi para ahli dan perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan media pembelajaran audio digital podcast spotify dengan peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran audio digital podcast spotify pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Setelah dilakukannya pembuatan media pembelajaran podcast spotify selanjutnya dilakukan evaluasi oleh dua orang ahli yaitu ahli media dan ahli materi setelah itu dilakukan uji coba kelompok dinyatakan bahwa hasil belajar siswa setelah mempergunakan media pembelajaran podcast spotify lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa sebelum mempergunakan media belajar podcast spotify.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Nov 2022 04:29 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 00:36 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/268554 |
Actions (login required)
View Item |