Pengembangan media pembelajaran berbasis instagram pada mata pelajaran marketing (studi pada siswa kelas x bisnis daring dan pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Intan Candra Setyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis instagram pada mata pelajaran marketing (studi pada siswa kelas x bisnis daring dan pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Intan Candra Setyaningrum

Setyaningrum, Intan Candra (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis instagram pada mata pelajaran marketing (studi pada siswa kelas x bisnis daring dan pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Intan Candra Setyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media Pembelajaran Berbasis Instagram ini adalah pengembangan media pembelajaran berbentuk ringkasan materi yang dibuat dalam bentuk konten dan diupload dalam aplikasi Instagram yang digunakan oleh guru dan peserta didik untuk melakukan kegiatan pembelajaran dan dapat diakses menggunakan smartphone dengan mudah sehingga dapat dimanfaatkan untuk media pembelajaran. Tidak hanya materi namun juga ada kumpulan soal dan beberapa video pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di sekolah dan wawancara dengan guru mata pelajaran bahwa kegiatan pembelajaran saat jarak jauh dilakukan menggunakan WhatsApp Classroom dan Google Classroom untuk mentransfer ilmu kepada peserta didik. Tidak heran jika semua peserta didik kini memiliki smartphone pribadi melihat pentingnya perangkat tersebut apalagi dalam kaitannya dengan pembelajaran jarak jauh. Melihat hal tersebut peneliti membuat media pembelajaran yang nantinya dapat diakses melalui smartphone yang dimiliki peserta didik sehingga dapat menjadi sumber belajar tambahan bagi peserta didik dimanapun dan kapanpun. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis Instagram pada mata pelajaran Marketing kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Muhammadiyah 2 Malang (2) Mengetahui kelayakan produk dari ahli media ahli materi dan peserta didik sebagai pengguna media pembelajaran berbasis Instagram pada mata pelajaran Marketing kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Muhammadiyah 2 Malang (3) Mengetahui respon peserta didik sebagai pengguna dari penerapan media pembelajaran berbasis Instagram pada mata pelajaran Marketing pada peserta didik kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development dengan model pengembangan Borg amp Gall kemudian dimodifikasi menjadi 7 tahap diantaranya (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) validasi produk (5) revisi hasil validasi produk (6) uji coba lapangan (7) penyempurnaan produk akhir. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Penelitian dan pengembangan ini telah menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis Instagram pada Mata Pelajaran Marketing (2) Hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi mendapatkan rata-rata nilai sebesar 91% dengan kategori sangat layak atau sangat valid digunakan dalam kegiatan pembelajaran (3) Hasil penelitian dan pengembangan berbasis Instagram ini mendapatkan respons baik dari pengguna. Berdasarkan hasil angket yang telah diisi saat uji coba lapangan didapatkan skor rata-rata sebesar 78 34% dengan kategori layak Saran diseminasi dapat dilakukan melalui forum MGMP agar media yang telah dikembangkan bisa lebih bermanfaat dan digunakan secara lebih luas dalam kegiatan pembelajaran di sekolah maupun pembelajaran online

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268541

Actions (login required)

View Item View Item