Pengaruh penambahan tepung larva Tenebrio Molitor L. yang tidak layak jual pada ransum terhadap pertumbuhan larva Tenebrio molitor L. / Sisca Maylindasari

Maylindasari, Sisca (2018) Pengaruh penambahan tepung larva Tenebrio Molitor L. yang tidak layak jual pada ransum terhadap pertumbuhan larva Tenebrio molitor L. / Sisca Maylindasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Maylindasari Sisca. 2017. Pengaruh Penambahan Tepung Larva Tenebrio Molitor L Yang Tidak Layak Jual Pada Ransum Terhadap Pertumbuhan Larva Tenebrio Molitor L.Skripsi Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing(I) Drs.Agus Dharmawan M. Si. (II) Agung Wiyjoro S.Pd. M.Kes . Kata Kunci Ransum Pertumbuhan larva Tenebrio molitor L FCR efisiensi harga ransum Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung larva T.molitor L yang tidak layak jual pada ransum terhadap pertumbuhan larva T.molitor L meliputi panjang dan berat serta mengetahui hasil FCR dan efisiensi harga pakan yang digunakan. Penelitian eksperimentalini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan (4 jeniskonsentrasi ransum dan 1 kontrol) dandilakukansebanyak5 kali ulangan.Penghitungan ransum menggunakan softwere Excelyang terdiri dari perlakuan 1 terdiridarikombinasitepung jagung pollard dedak dantepung larva 0% perlakuan 2 terdiridarikombinasitepung jagung pollard dedak dantepung larva 10% sedangkanperlakuan 3 terdiridaritepung jagung pollard dedak dantepung larva 15% perlakuan 4 terdiri dari kombinasi tepung jagung pollard dedak dantepung larva 20% dan perlakuan 5 terdiri dari kombinasi tepung jagung pollard dedak dantepung larva 25% yang diberikanpada larva T. molitorberumur 10 haridanpengukuran dilakukan setiap 5 hari sekali selama 30hari. Data yang didapatkanberupa data hasilpengukuran beratdanpanjang larva T. molitor FCR (Feed conversion Ratio) dan hasil efisiensi harga ransum. Data berat panjang larva dan FCRdianalisisdenganuji ANOVA yang dilanjutkandenganuji Duncan. Hasilpenelitianmenunjukkan ransumpakan yang paling efektifmenghasilkanpertumbuhan (beratdanpanjang) larva T. molitortertinggiyaituperlakuanpakan 3 yang hasilnyatidak berbedanyatadenganperlakuan4dan 5 karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Berdasarkanhasilujilanjut perbedaanefekpemberianransumpakanterhadappertumbuhandapatdilihatsecaranyatapada hari-30. Berdasarkan dari segi ekonomi hasil efisiensi harga ransum yang paling murah adalah pada perlakuan 5 dengan konsentrasi 25% yaitu seharga Rp. 2.640 per Kg.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26852

Actions (login required)

View Item View Item