Analisis relevansi kurikulum 2013 kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran SMKN 1 Malang berdasarkan prespektif dunia usaha dan dunia industri / Asty Aprelia - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis relevansi kurikulum 2013 kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran SMKN 1 Malang berdasarkan prespektif dunia usaha dan dunia industri / Asty Aprelia

Aprelia, Asty (2022) Analisis relevansi kurikulum 2013 kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran SMKN 1 Malang berdasarkan prespektif dunia usaha dan dunia industri / Asty Aprelia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aprelia Asty. 2022. Analisis Relevansi Kurikulum 2013 Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Malang Berdasarkan Prespektif Dunia Usaha dan Dunia Industri. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Mohammad Hari M.Si Kata Kunci Relevansi Kurikulum 2013 Bisnis Daring dan Pemasaran Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang mempunyai populasi anak muda dengan peningkatan yang cukup signifikan yang dapat dilihat dari data pertumbuhan usia 15-64 tahun. Upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di indonesia ini telah banyak dilakukan dengan berbagai inovasi salah satunya dalam bidang pendidikan baik itu pendidikan formal maupu pendidikan nonformal. Satuan pendidikan dalam jenjang pendidikan formal sangat beragam jenisnya salah satunya adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) baik itu SMK Negeri maupun SMK Swasta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kurikulum yang diajarkan di sekolah khususnya di SMKN 1 Malang kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran sudah sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri khususnya di industri bidang retail. Pada penelitian ini dilakukan verifikasi angket dan dihitung rata-rata dan seberapa relevan antara yang diajarkan dengan kebutuhan perusahaan di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum yang diterapkan di SMKN 1 Malang adalah Kurikulum 2013 Revisi dengan 11 Standar Kompetensi dan 158 Kompetensi Dasar. Untuk relevansi antara kurikulum 2013 kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran yang diterapkan di SMKN 1 Malang mencapai tingkat relevansi sebesar 55% dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri di Malang. Dengan demikian dapat dsimpulkan bahwa antara kurikulum yang diajarkan dengan kebutuhan DUDI sudah cukup relevan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:29
Last Modified: 13 Jan 2023 07:19
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268504

Actions (login required)

View Item View Item