Pengembangan asesmen formatif pada materi sistem sirkulasi untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Laboratorium UM / Ahmad Kamal Sudrajat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan asesmen formatif pada materi sistem sirkulasi untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Laboratorium UM / Ahmad Kamal Sudrajat

Sudrajat, Ahmad Kamal (2018) Pengembangan asesmen formatif pada materi sistem sirkulasi untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Laboratorium UM / Ahmad Kamal Sudrajat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENGEMBANGAN ASESMEN FORMATIF PADA MATERI SISTEM SIRKULASI UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA LABORATORIUM UM Ahmad Kamal Sudrajat1 Murni Saptasari1 Amy Tenzer1 1Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Jl. Semarang No. 5 Malang email kamalsudrajat2 gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan asesmen formatif yang dapat mengukur kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem sirkulasi dan menguji validitas kepraktisan dan keefektifan produk asesmen formatif yang dikembangkan. Produk dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE. Produk yang dikembangkan berupa instrumen observasi diskusi kelas instrumen observasi kegiatan praktikum dan soal tes kognitif. Kesimpulan penelitian ini adalah asesmen formatif yang dikembangkan layak praktis dan efektif digunakan dan dapat mengukur serta melatih kemampuan berpikir kritis ssiwa. Kata kunci Asesmen Formatif Kemampuan Berpikir Kritis Sistem Sirkulasi ABSTRACT The purpose of the study is to develop a formative assessment that can measure students critical thinking skills on the circulatory system and test the validity efficacy and effectiveness of developed formative assessment products. Products developed with the ADDIE development model. The product developed in the form of observation instrument of class discussion observation instrument of practicum activity and test of cognitive test. The conclusions of this study are formative assessments that are developed feasible practical and effective use and can measure and train critical thinking skills of the students. Keyword Formative Assessment Critical Thinking Skills Circulatory System

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26848

Actions (login required)

View Item View Item