Pengembangan e-module berbasis pogil pada materi jamur untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa Kelas X SMA Nasional Malang / Siti Wardatul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module berbasis pogil pada materi jamur untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa Kelas X SMA Nasional Malang / Siti Wardatul Jannah

Jannah, Siti Wardatul (2022) Pengembangan e-module berbasis pogil pada materi jamur untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa Kelas X SMA Nasional Malang / Siti Wardatul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan e-Module dilatarbelakangi bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran kurang memadai guru dan siswa sudah menggunakan laptop atau smartphone. Tujuan pengembangan ini untuk menguji kevalidan dan kepraktisan e-Module berbasis POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) pada materi jamur untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan komunikasi kelas X SMA Nasional Malang. Metode yang digunakan yaitu model ADDIE oleh Branch (2009) meliputi tahap analyze design develop implement dan evaluate. Tidak dilakukan tahap implement. Hasil validasi ahli materi yaitu 100%. Hasil validasi ahli media yaitu 95 56% Hasil validasi praktisi pendidikan biologi yaitu 98 40%. Hasil uji kepraktisan one to one trial yaitu 95 11% small group trial yaitu 95 60% dan field trial yaitu 96 30%. Hasil e-Module sangat valid dan praktis. Hasil analisis dari setiap uji menunjukkan bahwa produk yang dikembangan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:29
Last Modified: 21 Dec 2022 00:53
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268479

Actions (login required)

View Item View Item