Penerapan model pbl berbantuan asesmen formatif materi sistem respirasi dan koordinasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas xi MIPA 3 SMA Islam Almaarif Singosari / Shinta Dewi Kristina Adriyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pbl berbantuan asesmen formatif materi sistem respirasi dan koordinasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas xi MIPA 3 SMA Islam Almaarif Singosari / Shinta Dewi Kristina Adriyati

Adriyati, Shinta Dewi Kristina (2022) Penerapan model pbl berbantuan asesmen formatif materi sistem respirasi dan koordinasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas xi MIPA 3 SMA Islam Almaarif Singosari / Shinta Dewi Kristina Adriyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu tantangan perkembangan zaman abad 21. Berdasarkan studi pendahuluan keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas XI MIPA 3 SMA Islam Almaarif Singosari pada masih rendah dengan persentase sebesar 41%. Rendahnya keterampilan berpikir kritis mengakibatkan siswa kelas XI MIPA 3 memiliki hasil belajar kognitif yang rendah. Persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 60% masih jauh dibandingkan dengan target ketuntasan klasikal kelas sebesar 85%. Nilai rerata dari UH materi jaringan tumbuhan adalah 73 64 masih rendah dibandingkan KKM yaitu 78. Oleh karena itu diperlukan solusi perbaikan berupa penerapan model pembelajaran. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dinilai efektif namun terdapat kekurangan sehingga perlu dibantu dengan asesmen formatif. Penelitian bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran PBL berbantuan asesmen formatif materi sistem respirasi dan koordinasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan di kelas XI MIPA 3 SMA Islam Almaarif Singosari dengan subyek 25 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk keterampilan berpikir kritis berupa tipe uraian sebanyak 5 butir soal sedangkan untuk hasil belajar kognitif berupa tipe pilihan ganda sebanyak 15 butir soal. Penerapan Problem Based Learning (PBL) berbantuan asesmen formatif menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268473

Actions (login required)

View Item View Item