Pengembangan ukbm berbasis pbl pada materi pola-pola hereditas manusia untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa Kelas XII SMAN 3 Malang / Jasmine Nurul Izza - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan ukbm berbasis pbl pada materi pola-pola hereditas manusia untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa Kelas XII SMAN 3 Malang / Jasmine Nurul Izza

Izza, Jasmine Nurul (2022) Pengembangan ukbm berbasis pbl pada materi pola-pola hereditas manusia untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa Kelas XII SMAN 3 Malang / Jasmine Nurul Izza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa SMAN 3 Malang memiliki tingkat keterampilan berpikir kritis sangat rendah sebesar 36 25% dan hasil belajar kognitif siswa yang belum mencapai KKM sebesar 30%.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan UKBMberbasis Problem Based Learning (PBL) yang dilengkapi dengan perangkat pembelajaran yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE oleh Branch (2009). UKBM berbasis PBL telah melalui uji kevalidan yang diperoleh dari ahli materi ahli media ahli assesmen dan ahli praktisi pendidikan biologi. Sedangkan uji kepraktisan diperoleh darisiswa melalui angket respons peserta didik. Hasil validasi setelah melakukan revisi produk menunjukkan nilai 97 2% pada silabus 98 1% pada RPP dan 94 2% pada UKBM oleh ahli materi 99 3% pada silabus 99 5% pada RPP dan 100% pada UKBM oleh ahli pembelajaran 99 7%pada assesmen oleh ahli assesmen dan 99% uji kevalidan oleh praktisi pendidikan biologi dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisanterhadap siswa yang diperoleh berturut-turut ialah 88 5% 89 16% dan 91 26% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil uji kevalidan dan kepraktisan UKBMbeserta perangkat pembelajaran manusia dinyatakan sangat valid dan sangat praktis serta layak untuk digunakan dalam pembelajaran materi pola-pola hereditas manusia kelas XII SMA. Perlu dilakukan tahap implementasi sebagai kelanjutan penelitian ini

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268471

Actions (login required)

View Item View Item